Sukses

Asal Usul, Arti dan Fungsi Tanda @ pada Alamat Email

Simbol @ diduga muncul pada abad pertengahan.

Liputan6.com, Bandung - Di zaman yang serba modern dan canggih ini, siapa sih yang tidak kenal dengan email? Tapi, sadarkah setiap kali alamat email dicantumkan tanda @. Bagaimana asal-usul tanda tersebut?

Berdasarkan laman Mental Floss, simbol @ diduga muncul pada abad pertengahan. Dari salah satu sumber yaitu situs Oxford dan buku berjudul 'Letter by Letter: An Alphabetical Miscellany', simbol @ berasal dari singkatan kata Latin, 'ad'.

Ad yang diartikan 'to, toward, or at' (untuk, menuju, pada). Selain itu, @ juga digunakan untuk daftar harga faktur lembar akuntansi, seperti 12 telur AT satu sen per telur (12 telur @ satu sen per telur). Adapun Dalam bahasa Indonesia, @ berarti 'pada' atau 'di'.

Simbol @ secara formal dikenal dalam bahasa Inggris sebagai 'commercial at' (komersial di), yang penggunaannya lebih ke dalam perdagangan. Meski begitu, ternyata tempat lain juga memiliki julukan tersendiri.

Di Italia, disebut sebagai 'snail' (siput atau keong). Bahkan, ada yang menyebutnya mirip strudel atau sejenis makanan kering (pastry) yang biasanya diisi dengan yang manis-manis seperti aplle sauce, blueberry sauce dan lainnya dari Austria atau gulungan kayu manis.

Ada sejumlah pendapat mengenai awal mula simbol @. Di Bulgaria, ditemukan dalam sebuah tulisan pada 1345. Tulisan tersebut menceritakan tentang sejarah dunia sampai akhir abad ke-11. Saat itu, simbol '@' digunakan sebagai simbol untuk ucapan "amin".

Ada juga penemuan simbol '@' dalam buku catatan Spayol. Tanda tersebut ditemukan dalam tulisan pada 1448. Catatan tersebut berisi tentang pengiriman gandum dari Castile ke Aragon. Sedangkan, di Italia, tanda @ juga ditemukan di 1536. Simbol ini ada di dalam surat yang ditulis oleh pedagang dari Florence, Italia sebagai satuan ukuran sebuah kendi tanah liat.

Banyak yang mengira di dalam lingkaran @ adalah huruf a. Namun, menurut Michael Quinion yang memiliki situs World Wide Words, menyatakan tentang perubahan kata Latin 'ad' menjadi simbol 'at', adalah ketika simbol ditulis dengan tangan. Perubahan ini dimulai pada abad pertengahan di mana huruf d ditulis melengkung ke kiri dan diperpanjang sampai nyaris melingkari huruf a.

Akhirnya bagian bawah menyatu dengan huruf a untuk membentuk sebuah simbol. Sehingga, lingkaran di sekitar huruf a sebenarnya merupakan sisa-sisa dari bagian yang tinggi huruf d.

Terlepas dari asal-usul yang tepat, sekarang kita lebih akrab @ untuk akun email. Tentu ada alasan mengapa simbol @ dipilih untuk menjadi tanda email.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format Email Pertama

Adalah Ray Tomlinson yang pertama kali menggunakan simbol @ atau 'at' untuk memformat alamat email. Ia menggunakan ARPAnet pada 1971 untuk pesan yang dia kirim kepada dirinya sendiri. Dari satu komputer ke komputer lain untuk menguji sistem.

Ray membuat program komputer berjuluk SNDSMG yang merupakan singkatan dari Send Message. Artinya, pengiriman pesan.

Program SNDSMG memungkinkan seseorang bisa saling kirim pesan dari komputer satu ke komputer lain. Lalu, ia memutuskan menggunakan tanda @ untuk diujicobakan dengan mengirim pesan pada dirinya sendiri. Alasannya sederhana karena pada saat itu di keyboard hanya ada simbol itu untuk digunakan.

Uniknya, ternyata dia sendiri tidak ingat apa isi pesan tersebut karena menurutnya itu tak terlalu penting.

Alasan lain Ray memilih tanda @ sebagai alamat email karena dianggap mudah diingat. Huruf ‘a’ yang tergambar pada simbol itu melekat dan dianggap menjadi singkatan dari address atau alamat. Di mana, alamat sangat penting dalam pengiriman surat menyurat.

Berhubung pada saat itu belum ada jaringan internet yang secanggih pasca 1990, maka koneksi yang digunakan masih manual. Caranya, menggunakan jaringan komputer yaitu menghubungkan komputer satu dengan komputer lain menggunakan kabel.

3 dari 3 halaman

Arti dan Fungsi

Penggunaan tanda @ dalam alamat email dipandang perlu. Salah satu peran pentingnya adalah untuk memberi kekhususan pada alamat email. Dengan itu, alamat email mudah dibedakan dengan nama orang maupun nama atau istilah lainnya yang tidak mungkin menyelipkan ‘at’.

Contohnya saja seperti alamat email Liputan6.com yaitu redaksi.liputan6@kly.id. Cara mengucapkan redaksi(dot)liputan6(at)banjirembun(dot)com. Alamat email tersebut bisa untuk membedakan mana alamat situs atau url serta mana alamat email. Hanya dengan diberi tanda @, sebuah kata bisa bermakna beda.

Fungsi lain tanda @ pada email adalah untuk memisahkan nickname atau nama pengguna dengan domain pemilik atau pengelola server email. Perlu diketahui bahwa satu huruf saja sebuah alamat email salah maka email tidak dapat dikirim. Sangat kecil kemungkinan terjadi salah kirim alamat.

Email sendiri saat ini adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email, kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial Facebook, Twitter, Instagram, maka saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam. Mengirim file, foto, video dan percakapan dengan teman dan keluarga menjadi lebih mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.