Sukses

Jangan Lewatkan Hal-Hal yang Bisa Dilakukan di Silancur Highland Magelang

Menawarkan keindahan alam yang memesona, berikut hal-hal yang bisa dilakukan di Silancur Highland

Liputan6.com, Magelang - Silancur Highland merupakan sebuah destinasi wisata alam yang berlokasi di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Silancur Highland berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut dan berada tepat di kaki Gunung Sumbing bagian timur.

Untuk bisa sampai ke Silancur Highland, kamu bisa memulai perjalanan dari arah Alun-Alun Kota Magelang. Kemudian, arahkan kendaraan ke barat menuju Kecamatan Bandongan, atau tepatnya menuju ke Pasar Bandongan yang ada di simpang Jalan Raya Bandongan.

Setelah sampai di Pasar Bandongan, arahkan kembali kendaraan lurus ke barat menuju pertigaan dan ambil jalan lurus melalui Bondongan menuju Mangli. Harga tiket masuk ke kawasan wisata Magelang ini terbilang cukup murah, yakni hanya Rp10.000 per orang pada hari Senin hingga Sabtu.

Sementara saat hari Minggu dan hari libur nasional, kamu hanya perlu membayar Rp15.000. Menawarkan keindahan alam yang memesona, berikut hal-hal yang bisa dilakukan di Silancur Highland.

1. Menikmati golden sunrise

Salah satu daya tarik lokasi ini adalah pesona matahari terbit atau golden sunrise-nya. Saat cuaca cerah, akan terlihat pemandangan mengagumkan dengan berlatar Gunung Merapi, Gunung Sumbing, serta Gunung Merbabu sekaligus.

2. Banyak tersedia spot foto

Mengunjungi lokasi wisata, rasanya ada yang kurang jika tak mengabadikan momen di sana. Silancur Highland menyediakan berbagai spot foto menarik, seperti taman bunga, kolam-kolam air kecil, serta beragam dekorasi foto dengan pemandangan Gunung Sumbing dan bukit-bukit kecil yang mengagumkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Ramah Keluarga

3. Wisata ramah keluarga

Meski berada di ketinggian 1.300 Mdpl, kamu tak perlu ragu untuk mengajak adik atau buah hati ke Silancur Highland. Pasalnya, tempat wisata ini terdapat banyak tempat duduk, ayunan, serta halaman yang luas untuk area bermain anak.

Untuk kamu yang menyukai tantangan, di lokasi ini juga terdapat flying fox. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memetik sayur mayur yang sengaja ditanam untuk dibeli oleh pengunjung.

4. Area camping

Wisata ini juga menyediakan area camping yang luas dan nyaman. Tak perlu repot untuk membawa alat berkemah serta tenda, karena di sini semua keperluan camping telah disediakan.

5. Fasilitas yang lengkap

Fasilitas di lokasi ini pun terbilang cukup lengkap, mulai dari musala, toilet, tempat parkir luas, serta jasa fotografer. Lokasi ini juga bisa disewa untuk keperluan pre-wedding, acara sekolah, hingga family gathering.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat banyak kuliner lezat. Penjual makanan di sini menjajakan makanannya dengan harga yang relatif murah, yakni mulai dari Rp5.000 saja.

 

3 dari 3 halaman

Keindahan Malam Hari

6. Menikmati keindahan pada malam hari

Suasana saat malam hari di Silancur Highland tidak kalah indah dengan matahari terbitnya. Gemerlap lampu dari area Kabupaten Magelang dapat terlihat jelas dan mempesona saat malam hari.

Pengelola juga telah menyediakan panggung musik akustik serta kegiatan api unggun saat malam hari. Sambil menikmati kerlap-kerlip lampu kota, pengunjung bisa menikmati alunan musik yang merdu nan syahdu.

7. Glamping

Glamping atau glamorous camping juga tersedia di tempat wisata ini. Glamping merupakan pengalaman menginap di tenda dengan fasilitas yang tidak kalah mewah dengan hotel bintang lima.

Terdapat dua jenis kamar yang disediakan untuk glamping, yakni sumbing room dengan harga Rp850.000 untuk 4 orang atau Rp750.000 untuk 2 orang. Serta jenis kamas kedua yakni krincing room dengan harga Rp750.000 untuk 4 orang atau Rp650.000 untuk 2 orang.

Beberapa ketentuan lain untuk tiap kamar yakni adanya tambahan biaya Rp75.000 untuk tambahan kapasitas dari yang seharusnya. Selain itu, masing-masing ruangan hanya bisa diisi maksimal lima orang.

8. Homestay dan mini camp

Selain glamping, tersedia juga homestay dan mini camp bagi pengunjung yang ingin menginap. Terdapat 4 tipe mini camp, yakni paket sumbing untuk 4 orang dengan harga Rp200.000, paket merbabu untuk 3 orang dengan harga Rp165.000, paket merapi untuk 2 orang dengan harga Rp130.000, serta paket andong untuk 1 orang dengan harga Rp95.000.

Sementara itu, untuk homestay ada tiga tipe, yaitu tipe family seharga Rp350.000, tipe couple seharga Rp250.000, dan tipe motel room seharga Rp.500.000 per malamnya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.