Sukses

Ragam Motif Kain Tenun Tanimbar Khas Maluku yang Sarat Makna

Tenun tanimbar berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat.

Liputan6.com, Maluku - Indonesia memiliki berbagai macam keberagaman budaya yang tersebar di berbagai daerahnya. Salah satu budaya yang banyak dimiliki oleh beberapa daerah di Indonesia adalah produk tekstilnya, yakni kain tenun.

Kekhasan tenun di tiap daerah mencerminkan filosofi kehidupan masyarakat setempat. Begitu juga dengan kain tenun tanimbar khas Maluku.

Selain memiliki keindahan pada kombinasi warnanya, motif pada kain tenun tanimbar juga meceritakan filosofi kehidupan masyarakat setempat. Tenun tanimbar berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat.

Sekilas, motif kain ini memang tampak sederhana. Namun, ternyata ada makna mendalam di balik kesederhanaannya tersebut.

Meski setiap daerah di Tanimbar memiliki kain tenun dengan ciri khasnya masing-masing, tetapi motif tenun tanimbar pada umumnya memiliki filosofi yang sama di baliknya. Sumber inspirasi motif tenun tersebut bisa datang dari lingkungan sekitar, salah satunya berasal dari detail-detail terkecil dalam kehidupan.

Yamdena merupakan salah satu daerah penghasil tenun di Kepulauan Tanimbar. Terdapat empat jenis kain di wilayah ini, yakni tais matan, tais anday, tais maran, dan ule rati.

Tais matan identik dengan motif utama di ujung kain, sedangkan sisanya didominasi oleh garis. Kemudian, tais anday memiliki bagian ujung yang dihiasi garis hitam-putih dan motif utama yang berada di tengah.

Selanjutnya, tais maran yang menampilkan garis di bagian tengah dan motif utama di ujung. Sedangkan, ule rati hadir dengan motif berbentuk ulat yang tersebar di seluruh kain.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motif Lainnya

Selain keempat jenis kain tersebut, ada juga beberapa motif lainnya, yakni motif lelemuke. Motif lelemuke menjadikan bunga anggrek sebagai salah satu motif utamanya.

Bagi masyarakat Tanimbar, bunga anggrek adalah lambang kecantikan, keagungan, dan keuletan. Selain itu, ada juga motif sair yang menyimbolkan semangat masyarakat Tanimbar dalam berkarya dan menekuni kehidupan, mempertahankan identitas, membela, serta melindungi wanita.

Selain itu ada juga motif tunis atau anak panah yang merefleksikan kesigapan masyarakat Tanimbar terhadap ancaman. Bagi wanita Tanimbar, motif ini juga bisa bermakna kekuatan dan kesiapan mental untuk menghadapi ringangan hidup.

Sementara itu, kain tenun tanimbar ini juga terbilang memiliki harga fantastis. Selain karena memiliki makna yang mendalam, hal itu juga dikarenakan lamanya proses pembuatannya.

Awalnya, kain tenun ini tidak ditujukan untuk dijual dan hanya dijadikan sebagai mas kawin yang diberikan keluarga lelaki kepada pihak perempuan. Kemudian, kain tenun tersebut akan disimpan dan hanya dijual jika memang benar-benar membutuhkan uang.

Proses produksi kain tenun khas Maluku ini juga tidak menggunakan alat modern. Masyarakat Maluku umumnya menggunakan pemintal tradisional dengan menggunakan benang dari kapas.

Pada proses pewarnaannya pun juga tak kalah unik. Kain tenun ini tidak menggunakan pewarna buatan, melainkan menggunakan pewarna alami yang berasal dari akar, kayu, dan dedaunan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.