Sukses

Jakarta Travel Fair 2022 ajak Warga Makassar Nikmati Wisata Urban di Ibu Kota

Jakarta Travel Fair adalah eksibisi yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta untuk mendorong pertumbuhan positif wisata Jakarta.

Liputan6.com, Makassar - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta melaunching Jakarta Travel Fair 2022 yang diselenggarakan di Hotel Novotel Makassar pada Rabu (14/9/2022). Puluhan penggiat wisata akan hadir dalam event yang akan diselenggarakan di Atrium Trans Studio Mall Makassar pada 16-18 September 2022 mendatang. 

Sekretaris Disparekraf DKI Jakarta, Helma Dahlia menjelaskan bahwa Jakarta Travel Fair 2022 Mengusung tema #Jakcation, Feel The Urban Vibe. Dalam kegiatan itu berbagai paket wisata menarik ditawarkan kepada warga Kota Makassar agar datang menikmati wisata urban di Jakarta yang kini telah banyak berevolusi. 

"JTF 2022 menawarkan beragam paket wisata menarik sebagai daya tarik bagi wisatawan domestik berkunjung ke Ibu Kota Jakarta demi mendapatkan pengalaman wisata urban perkotaan," kata Helma, Rabu (14/9/2022). 

Sejak pandemi Covid-19 melandai, Jakarta memang telah banyak berbenah. Setidaknya kini ada 296 taman kota, 29 hutan kota dan 154 jalur hijau yang siap menjadi ruang ketiga sebagai ruang interaksi dan sudah direvitalisasi sepanjang tahun 2018 hingga 2021.

Wisatawan juga dapat berswa foto di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Phinisi Karet-Sudirman yang dikelilingi gedung tinggi khas perkotaan, piknik santai di Tebet Eco Park dan Hutan Kota GBK hingga menikmati sensasi liburan ala Negeri Tirai Bambu di restauran Old Shanghai Sedayu City.

Selain itu, potensi wisata beragam seperti wisata sejarah, bahari, belanja, hingga kuliner menjadi magnet DKI Jakarta yang menyenangkan dijelajahi. Tak hanya indah tetapi mampu menjadiruang yang inklusif, terdigitalisasi sehingga turut membangun Jakarta sebagai #kotakolaborasi. 

"Berbagai konsep baru ruang ketiga dan wisata urban terus hadir salah satunya taman kota seperti Tebet Eco Park, Taman Ismail Marzuki, Taman Menteng dan taman terbuka lain yang makin nyaman dikunjungi. Tata kelola kota Jakarta juga terus berkembang sebagai #kotakolaborasi digital. Seperti layanan MRT dan LRT untuk mempermudah akses yang terintegrasi dengan transportasi kota dan teknologi komunikasi sehingga ramah untuk semua pendatang. Selain itu, wisata perkotaan yang tak kalah ikonik seperti Taman Impian Jaya Ancol, Monumen Nasional hingga Wisata Kota Tua yang makin cantik berkat revitalisasi dengan jalur pedestrian sebagai kawasan rendah emisi menjadi pengalaman wisata istimewa," paparnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti Puluhan Penggiat Wisata

Sementara itu, Ketua Jakarta Tourism Forum, Salman Dianda Anwar, menyebutkan bahwa di Jakarta kini begitu banyak destinasi wisata urban yang sangat menarik. Mulai dari taman-taman yang menjadi ruang publik hingga kawasan kota tua. Jakarta didorongnya ke depan tidak sekadar jadi tujuan bisnis dan studi, tapi juga destinasi wisata.

"Apalagi, kita kan ada beberapa event besar di Jakarta, seperti Formula E. Saat (pandemi) Covid-19 saja, itu kan ada lebih dari sekitar 2.600 wisman yang berkunjung," kata Salman.

Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, Devo Khadaffi, pun mengaku mengapresiasi pelaksanaan Jakarta Travel Fair 2022 yang digelar di Kota Makassar. Ia mengaku banyak terinspirasi dari Kota Jakarta yang kini telah banyak menyedikan ruang ketiga sebagai wisata urban. 

"Ke depan kita juga akan menggelar kegiatan serupa ya, nanti kita gelar di Jakarta, Surabaya dan Jawa Barat," ucapnya. 

Untuk diketahui, Jakarta Travel Fair 2022 yang akan berlokasi di Atrium Trans Studio Mall Makassar pada 16-18 September 2022,mulai 10.00-21.00 WIB dan menghadirkan banyak hiburan, kesenian, games, program bincang- bincang hingga beragam diskon paket wisata dan belanja serta penampilan dari Endah N Rhesa dan Disko Pantera.

Tercatat puluhan pegiat wisata akan bergabung seperti atraksi wisata Taman Impian Jaya Ancol (Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventures), Bank DKI, Sriwijaya Air, Coconut Vacations, KidZania Jakarta, Lounge In The Sky, Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno, Tripwe, Lily Tours, ARTOTEL Suites Mangkuluhur Jakarta, Ashley Hotel Jakarta, DoubleTree by Hilton Jakarta–Diponegoro, eL Hotel Royale Jakarta, favehotel Gatot Subroto – Jakarta, favehotel LTC Glodok – Jakarta, Hotel Century Park Jakarta, Holiday Inn Gajah Mada, Hotel Red Planet Jakarta Pasar Baru, ibis Jakarta Senen, ibis Styles Jakarta Sunter, Inthiwizz International, Old Shanghai Restaurant, Orchardz Hotel, RA Hospitality,Royal Palm Hotel & Conference Center Jakarta.

Pegiat wisata lain seperti Discovery Hotels & Resort (Hotel Borobudur Jakarta dan Discovery Hotel Ancol),Novotel Mangga Dua Square Jakarta, Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta, Picasso Group (Grand Picasso & Picasso Style), Santika Indonesia Hotels & Resorts (Amaris Slipi, Amaris Senen, Santika Premiere HayamWuruk, Santika Premiere Slipi, Santika Kelapa Gading), The Ascott Limited (POP! Hotel Kelapa Gading, POP!Hotel Tebet, POP! Hotel Kemang) dan Waringin Hospitality (Hotel Luminor, Hotel 88, Zuri Hotel Management) siap memberi informasi serta paket wisata terbaik bagi seluruh pengunjung yang bertransaksi di Jakarta Travel Fair 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.