Sukses

Jalan-Jalan ke Lombok, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan di Desa Wisata Sesaot Lombok

Berikut ini 5 hal yang bisa dilakukan di Desa Wisata Sesaot

Liputan6.com, Lombok - Desa Wisata Sesaot berada di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Desa ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berlibur menikmati nuansa pedesaan yang lokasinya ada di dekat hutan.

Desa Wisata Sesaot dikenal sebagai destinasi dengan potensi wisata air yang juara. Tak heran jika desa wisata ini juga mendapatkan beberapa penghargaan, seperti menjadi nominasi dalam Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019, mendapatkan sertifikasi dan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atas prestasinya sebagai Desa Wisata Berkelanjutan, serta masuk dalam 5 desa wisata terbaik kategori CHSE (Cleanliness Health Safety and Environmental Sustainability) dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Berikut ini 5 hal yang bisa dilakukan di Desa Wisata Sesaot:

1. Mendaki dan menikmati keasrian Bukit Mangga

Mendaki atau trekking di lokasi ini sambil menikmati panorama alam dari atas ketinggian wajib dilakukan. Pengunjung bisa melakukan trekking ke Bukit Mangga yang ada di desa wisata ini.

Medannya yang tak sulit, masih ramah dan aman bagi pendaki pemula. Pengunjung bisa menyaksikan hijaunya perbukitan dan melihat kemegahan Gunung Rinjani, salah satu wisata Lombok.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menginap di Rumah Adat Sasak

2. Menginap di rumah adat Suku Sasak

Berkunjung ke Desa Wisata Sesaot rasanya tak lengkap jika tidak menginap di camping ground Vetong Hill. Area ini menawarkan banyak fasilitas menarik, salah satunya menikmati pengalaman bermalam di bangunan lumbung atau rumah adat khas Suku Sasak.

Selain itu, ada juga rumah pohon yang biasa dijadikan sebagai spot untuk menyaksikan matahari terbit. Mataharai terbit akan semakin terlihat indah karena berlatar belakang Gunung Rinjani dan sawah yang membentang.

3. Menjajal olahraga ekstrem

Bagi kamu yang suka bersepeda, kamu bisa mencoba jalur ekstrem yang ada di Bukit Vetong. Aktivitas bersepeda lintas alam ini cocok buat kamu yang suka memacu adrenalin.

Kamu akan melewati kebun, persawahan, hingga hutan. Jalannya juga terbilang menantang karena banyak tanjakan terjal dan turunan ekstrem.

 

3 dari 3 halaman

Mampir ke Purekmas

4. Mampir ke Purekmas

Pusat Rekreasi Masyarakat atau Purekmas menjadi destinasi lain yang wajib masuk daftar kunjungan ketika berlibur ke Desa Wisata Sesaot. Daya tarik yang ada di sini ialah wisata pemandian air alaminya yang berwarna biru tosca dan jernih.

Air tersebut berasal dari air Gunung Rinjani. Hal unik lainnya yakni di sini terdapat tangga air.

Soal kenyamanan, tak perlu khawatir karena desa wisata ini sudah mengantongi sertifikat CHSE atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan dari Kemenparekraf.

5. Membeli oleh-oleh dari UMKM lokal

Selain dapat menikmati berbagai keseruannya, di sini kamu juga bisa ikut membantu UMKM lokal dengan membeli oleh-oleh yang diproduksi oleh masyarakat sekitar. Desa Wisata Sesaot juga punya banyak produk lokal unggulan, di antaranya jenis keripik, dodol, manisan, rengginang, pisang sale, permen, dan kopi.

Semua produk tersebut dibuat oleh masyarakat lokal melalui Kelompok Usaha Bersama (KUbe) Waroh Maju Bersama. Pengunjung bisa membeli semua produk tersebut di Dusun Penangke, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.