Apa Beda Panggilan +62 dan 0? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Oleh Huyogo Simbolon pada 15 Sep 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 09:00 WIB
Nomor Telepon
Perbesar
Ilustrasi nomor telepon. (Doc: Mobile Marketing Watch)

Liputan6.com, Bandung - Jika kamu sering menyimpan kontak di ponselmu, tentu nomor telepon yang akan kamu simpan atau yang telah kamu simpan senantiasa diawali dengan angka 0 atau +62. Lalu, tahukah apa perbedaan penggunaan +62 dan 0?

Nah, sebelum jauh membahas tentang perbedaannya, ada sebaiknya pahami dulu yuk maksud dari kode +62 yang memang jadi kode nomor telepon Indonesia. Kode ini bahkan sampai jadi sebutan warganet kepada negara kita, yakni “negara +62”.

Perlu kamu ketahui, kode-kode awalan nomor telepon di setiap negara berbeda-beda. Misalnya, kode awalan nomor telepon di Korea Selatan menggunakan +82, sementara di Malaysia +60. Kalau Amerika Serikat +1.

Adapun kode nomer telepon ini diatur oleh International Telecomunnication Union (ITU). Organisasi ini sudah ada sejak 1865. Fungsinya, untuk mengendalikan jaringan komunikasi internasional, termasuk mengurus frekuensi radio atau orbit satelit di masa modern.

Untuk kode +62 digunakan sebab kita berada di zona 6 yakni Oseania, Australia, dan sekitarnya. Meski sering dianggap sebagai wilayah Asia, realitanya secara geografis kita dekat dengan zona tersebut. Kalau zona Asia Timur, kode awalannya +8. Maka dari itu Korea Selatan memakai +82, Millens.

Lalu, bagaimana dengan negara tetangga kita Timor Leste? Karena masuk zona 6 Oseania, mantan provinsi Indonesia itu menggunakan kode +670.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penjelasan

Kembali ke kode +62 yang merupakan kode negara yang digunakan untuk Indonesia. Untuk penggunaan 0 sendiri sebenarnya bukan salah. Karena faktor kebiasaan yang menyebar luas di masyarakat, maka kecenderungan menggunakan angka 0 dan bukan +62. Selain itu, penggunaan 0 lebih familiar dan memudahkan penyebutan nomor HP.

Tetapi, jika ingin menggunakan angka 0 maka telepon atau SMS yang dilakukan akan sampai jika orang yang dituju berada di Indonesia saja. Beda halnya dengan kode +62, meskipun orang yang kamu tuju sedang berada di luar negeri, kamu tetap masih bisa menghubunginya.

Singkatnya, jika kamu menggunakan 0 maka kamu hanya dapat terhubung di dalam negeri saja dan di luar negeri tidak akan tersambung. Saat kamu menggunakan +62, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri akan tetap tersambung.

Jadi, sudah mengerti kan beda dari maksud awalan nomor 0 dan +62 di kontak ponselmu? Kamu berniat untuk membenahi penulisan nomor telepon di ponselmu?

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya