7 Pemain Timnas Ini Sukses Jadi Pelatih Klub Indonesia

Oleh Dewi Divianta pada 15 Sep 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 15 Sep 2022, 19:00 WIB
Perseru Badak Lampung Vs Persela Lamongan
Perbesar
Pelatih Persela Lamongan, Nilmaizar, memperhatikan timnya saat melawan Perseru Badak Lampung pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (11/9). Perseru bermain imbang 1-1 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah nama pelatih tim sepak bola Tanah Air pernah tersohor sebagai pemain Timnas Indonesia pada masanya. Berjalannya waktu dan usia, tak memudarkan eksistensi legenda sepak bola itu.

Liputan6.com merangkum tujuh mantan pemain Timnas Indonesia yang sukses menjadi pelatih kepala klub sepak bola. Berikut sosoknya:

1. Nilmaizar

Mantan pemain Timnas Indonesia ini adalah Nilmaizar. Sosok pria yang selalu berpenampilan fashionable menjadi ciri khas pelatih yang atraktif ketika mendampingi timnya bertanding. Terlihat dia yang selalu aktif, bahkan melakukan gerakan-gerakan unik yang memancing komentar warganet.

Nilmaizar pernah menjadi bagian dari punggawa dan juga pelatih Timnas Indonesia. Saat ini, dia menjadi pelatih kepala klub Dewa United FC. Pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat itu menjadi bagian Timnas Indonesia Garuda II pada periode tahun 1989-1999 silam.

Nilmaizar pernah menjadi salah satu pemain klub besar Republik Ceko, Sprata Prague, meski dirinya hanya magang di sana selama enam bulan, dia pernah merasakan menjadi bagian sepak bola kasta kedua, dan mendapat kesempatan dilatih oleh Josef Masopust.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Widodo Cahyono Putro

BRI Liga 1 2022/2023: Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya
Perbesar
Pelatih kepala Bhayangkara FC, Widodo Cahyono Putro memberikan instruksi kepada pemainnya dalam laga pekan ke-3 BRI Liga 1 2022/2023 antara Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (7/8/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Widodo Cahyono Putro atau yang karib disapa Coach WCP itu menjadi bagian punggawa Timnas Indonesia tahun 1991. Coach WCP pernah menjadi salah satu pemain yang mampu meraih emas Sea Games tahun 1991. Pemain dengan posisi striker Timnas Indonesia itu saat ini menjadi pelatih kepala tim Bhayangkara FC.

Mantan pemain Timnas ini pernah membawa tim Indonesia masuk final di ajang Piala Asia 1996. Arsitek Bhayangkara FC itu dikenal dengan tendangan saltonya yang menjadi gol terbaik di ajang Piala Asia 1996.


3. Aji Santoso

Aji Santoso
Perbesar
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Bola.com/Aditya Wany)

Aji Santoso saat ini menukangi klub asal Surabaya yakni Persebaya Surabaya. Mantan pemain Timnas Indonesia ini pernah membawa emas untuk negara ini pada tahun 1991 dalam ajang Sea Games.

Pria itu membela Timnas Indonesia dengan posisi bek kiri selama kurang lebih satu dekade antara tahun 1990 hingga 2000. Ia bersama dengan juniornya Widodo Cahyono Putro pasa saat itu tergabung dalam Timnas dan menyumbangkan emas untuk Indonesia.


4. Rahmad Darmawan

Piala Indonesia 2019 : Tira Persikabo Vs Kalteng Putra
Perbesar
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, memberikan arahan kepada pemainnya saat menghadapi Kalteng Putra pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (26/7). Tira Persikabo menang 5-2 atas Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Rahmad Darmawan saat ini menukangi tim milik artis kenamaan Raffi Ahmad, Rans Nusantara, dirinya pernah tergabung di Timnas Indonesia pada era Timnas Indonesia B tahun 1986. Bahkan, sejak saat itu pria yang karib disapa Coach RD itu menjadi langganan pelatih Timnas Indonesia dalam kurun waktu 1988 hingga 1994.

Rahmad Darmawan sudah malang melintang menukangi klub-klub besar di Indoensia, mulai dari Madura United hingga Rans Nusantara.


5. Djajang Nurjaman

Pelatih Persikabo 1973, Djajang Nurjaman
Perbesar
Pelatih Persikabo 1973, Djajang Nurjaman (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Djajang Nurjaman kini menukangi tim Persikabo 1973. Dirinya pernah tergabung di skuad Garuda pada era 1980an. Dia menjadi salah satu pemain Galatama dan berhasil dipanggil untuk bergabung dengan skuad Timnas lainnya. 

Mantan pemain Timnas Indonesia itu merupakan pemain sayap. Djajang Nurjaman sudah malang melintang menukangi klub-klub di Indonesia mulai dari Persib Bandung, Barito Putera, dan Persikabo 1973.


6. Sudirman

Sudirman
Perbesar
Pelatih Persija Jakarta, Sudirman mengamati permainan anak asuhnya saat melawan Persib Bandung dalam laga leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Persija menang 2-0. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sudirman yang pernah menangani Persija Jakarta sebagai pelatih kepala di ajang BRI Liga 1 2021/2022 lalu adalah mantan skuad Garuda Indonesia. Mantan bek tengah tangguh milik Timnas Indonesia itu menjadi langganan skuad Garuda pada era 1991-1997 dan menjadi bagian saat menjalani ajang SEA Games 1991 di mana Indonesia meraih emas. 

Ia juga menjadi bagian ketika Timnas Indonesia mengikuti ajang Piala ASIA 1996 silam.


7. Hendri Susilo

Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo
Perbesar
Pelatih Persiraja Banda Aceh, Hendri Susilo, saat melawan Persib Bandung pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Jumat, (2/4/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mantan punggawa Timnas Indonesia pada era 1990an ini menjadi salah satu pemain yang menjadi langganan dipanggil PSSI, bahkan ketika skuad Garuda menjalani ajang Piala Presiden Korea Selatan, dan Hendri menjadi salah satu pemain yang masuk line up.

Hendri Susilo pernah menangani tim Persiraja Banda Aceh, PSPS Riau, pernah menjadi asisten pelatih Persija Jakarta, dan pernah menangani Timnas Indonesia U-17 pra Piala ASIA 2005-2007.

Di atas adalah deretan para mantan punggawa Timnas Indonesia yang sukses berkarier dalam dunia kepelatihan dan menukangi tim-tim besar Indonesia. Dari daftar nama-nama di atas, mana mantan pemain Timnas Indonesia yang sekarang menjadi pelatih itu merupakan idola kalian?

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya