Sukses

Deteksi Imunisasi Anak, Dinkes Gorontalo Gencarkan Penggunaan Aplikasi ASIK

Tak tanggung-tanggung jika saat ini berbagai upaya dilakukan untuk mendeteksi dan memastikan anak sudah mendapatkan imunisasi.

Liputan6.com, Gorontalo - Imunisasi anak menjadi prioritas pemerintah Provinsi Gorontalo. Tak tanggung-tanggung jika saat ini berbagai upaya dilakukan untuk mendeteksi dan memastikan anak sudah mendapatkan imunisasi.

Bahkan, saat ini makin canggih, Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Gorontalo sudah menggunakan Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) untuk mendata riwayat imunisasi anak secara digital.

Inovasi Dikes Provinsi Gorontalo ini pun mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan RI yang sudah menggunakan ASIK tersebut. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu saat pencanangan pemberian imunisasi PVC tingkat nasional tahun 2022, Senin (12/9/2022).

“Kami Kemenkes RI memberikan apresiasi untuk Provinsi Gorontalo terkait pelaksanaan BIAN. Ada satu yang sudah 100 persen dilakukan yaitu sudah menyampaikan hasil imunisasi anak pada aplikasi sehat Indonesia ku (ASIK). Terima kasih Kadis kesehatan dan jajaran, ini luar biasa,” ucap Maxi Rein

Aplikasi Asik merupakan bagian dari misi Kemenkes RI dalam upaya mentransformasikan layanan kesehatan dengan membantu para tenaga kesehatan melakukan pencatatan agar data pasien lebih efisien dan terintegrasi dalam satu database.

Aplikasi ini memudahkan orangtua mengakses data imunisasi anak dimanapun dan kapanpun. Bahkan, hingga belasan tahun ke depan.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini dapat digunakan tanpa terhubung dengan internet untuk memudahkan tenaga kesehatan di wilayah 3T. Hal ini juga termasuk dalam upaya peningkatan pendataan cakupan imunisasi dasar lengkap bagi anak di Indonesia.

"100 persen Puskesmas di Gorontalo sudah melaksanakan laporan melalui asik. Nanti ibu-ibu di Gorontalo, ketika anak membutuhkan rekam imunisasi untuk keperluan sekolah, semua data bisa dengan aman tersimpan di database Kementerian Kesehatan,” tambahnya

Sementara Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Noor mengapresiasi Kemenkes RI. Hamka juga melaporkan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022, pemprov Gorontalo sudah mulai melaksanakan pemberian imunisasi PVC kepada anak dan balita.

“Alhamdulillah, tadi juga kami saat pencanangan HKGN 2022 telah mencanangkan pemberian imunisasi PVC. Mudah – mudahan semua yang diarahkan pak Menkes dan jajaran akan kita tindak lanjuti. Semua ini demi kepentingan masyarakat Gorontalo,” ia menadaskan.

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.