'Ngeri-Ngeri Sedap' Wakili Indonesia di Ajang Piala Oscar 2023

Oleh Huyogo Simbolon pada 13 Sep 2022, 12:03 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 12:06 WIB
Film Ngeri Ngeri Sedap (Istimewa)
Perbesar
Film Ngeri Ngeri Sedap (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Film Ngeri-Ngeri Sedap besutan sutradara cum penulis skenario Bene Dion Rajagukguk, terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti kompetisi film ke ajang Piala Oscar ke-95 untuk kategori Penghargaan Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award). Kompetisi film itu dilaksanakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Setiap tahun, penghargaan bergengsi itu memberikan awards untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi non dialog bahasa Inggris.

Adapun film Ngeri-Ngeri Sedap yang dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 untuk mewakili Indonesia berlaga di Piala Oscar, adalah film kedua genre komedi Indonesia setelah Nagabonar. 

Tahun ini, puncak The 95th Academy Awards atau penyerahan piala Oscar ke-95 akan dilangsungkan pada 12 Maret 2023. 

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 beranggotakan 9 tokoh perfilman berbagai bidang dan wartawan/kritikus film. Komite diketuai oleh sineas kondang Deddy Mizwar, sekretaris Zairin Zain, dengan anggota Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Indonesia telah mengikuti ajang Piala Oscar untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987. Film " Nagabonar" yang disutradarai MT Risyaf dengan pemain utama Deddy Mizwar dan Nurul Arifin ini menjadi film Indonesia pertama yang dikirim ke Academy Awards.

Namun, sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang Award dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pilihan Komite

[Fimela] Deddy Mizwar
Perbesar
Deddy Mizwar saat konferensi pers IBOMA pada Kamis (5/3/2020).(Bambang E Ros/Fimela.com)

Menurut Deddy Mizwar, ada pelbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebuah film untuk dapat mengikuti Piala Oscar. Antara lain, film sudah pernah dipertunjukkan di bioskop selama seminggu secara berturut-turut, dan belasan item lagi persyaratan teknis lainnya.

Komite yang dipimpinnya bekerja dalam tenggat waktu sebulan, termasuk untuk penetapan film pilihan komite.

Guna menentukan film pilihan yang akan mengikuti Oscar, Komite mempertunjukkan film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI di Plaza Senayan, dimulai Senin (12/9/2022) pagi hingga petang. Dilanjutkan dengan diskusi anggota juriz yang absen hanya Garin Nugroho dan Yadi Sugandi.

Sebanyak tujuh dari sembilan anggota juri akhirnya secara aklamasi memutuskan memilih film Ngeri-Ngeri Sedap mewakili Indonesia di ajang internasional tersebut.

"Inilah maksimal yang dihasilkan komite seleksi oscars Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," kata Deddy Mizwar dikutip Antara, Selasa (13/9/2022).

Sekadar diketahui, ajang penghargaan film internasional itu pada 2021 lalu dimenangkan film asal Jepang berjudul Drive My Car atau Doraibu Mai karya sutradara Ryusuke Hamaguchi.


Raih 2,8 Juta Penonton

Bene Dion Rajagukguk. (Foto: Dok. Instagram @bene_dion)
Perbesar
Bene Dion Rajagukguk. (Foto: Dok. Instagram @bene_dion)

Ngeri-ngeri Sedap pamit setelah mendulang 2,8 juta penonton lebih. Prestasi ini mengantar film yang dibintangi Boris Bokir dan Indra Jegel itu menjadi film Indonesia dengan naskah asli terlaris sepanjang masa.

Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, Ngeri-Ngeri Sedap kini bertengger di peringkat ke-15 dalam daftar film Indonesia terlaris sepanjang sejarah. Pencapaian di tangga box office ini membuat Bene Dion tak henti ucap syukur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya