Film-Film tentang Hacker Paling Seru, Jadi Lebih Tahu Dunia Peretasan

Oleh Huyogo Simbolon pada 13 Sep 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 12:00 WIB
Cyber Crime atau Kejahatan Siber
Perbesar
Ilustrasi Hacker Credit: pexels.com/Andri

Liputan6.com, Bandung - Dalam beberapa film, hacker atau peretas kerap ditampilkan berbadan kurus dan seolah anti sosial. Tapi, tidak selamanya hacker berpenampilan demikian. Ada juga beberapa film yang menampilkan hacker dengan gaya hidup yang lain.

Di zaman ketika sistem komputer masih terbatas kekuatan prosesingnya, hacker menggunakan teknik tertentu, misalnya ‘brute force’ alias mencoba password satu persatu sampai ada satu password yang benar.

Namun sekarang, cara-cara kuno sudah tidak mungkin dilakukan melawan algoritma sekuriti dari sistem. Sistem operasi sendiri tiap bulan ada pembaharuan, yang umumnya menambal (patching) lubang-lubang sekuriti yang bisa dimanfaatkan oleh hacker.

Cara yang lazim digunakan oleh hacker sekarang ini adalah social engineering, memanfaatkan orang-orang yang awam internet. Misalnya, ketika Anda mencari sesuatu di internet di suatu situs tertentu, Anda kemudian ditawarkan untuk mendapat uang sekian ratusan juta. Anda klik iklan tersebut, tetapi uang tidak Anda ketahui, ketika iklan tersebut diklik Anda sebenarnya menginstal program ‘agent’ di laptop atau handphone anda.

Program ‘agent’ ini disebut dengan macam-macam nama, misal worm atau virus, dan akan berdiam di laptop atau handphone Anda dan memantau setiap kegiatan Anda sampai mendapat password untuk masuk ke bank atau media sosial Anda atau apapun tujuan hacker-nya.

Setelah itu, tahu-tahu kartu kredit Anda dipakai di tempat lain, atau akun medsos anda diganti password-nya, atau foto-foto hot Anda tersebar di internet.

Banyak faktor menjadikan seseorang itu berniat meretas data pribadi orang lain. Salah satunya mungkin disebabkan teerpengaruh film. Melalui film banyak yang terobsesi menjadi seorang hacker. Padahal untuk menjadi seorang hacker tidak mudah. Kamu harus belajar sendiri cara meretas.

Nah, berikut film-film tentang hacker paling seru. Petik pelajarannya ya!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Hackers

Hackers
Perbesar
Film Hakcers (IMDB)

Film tentang hacker yang cukup lama adalah Hackers. Film ini dirilis pada 1995 dan disutradarai oleh Iain Softley. Film yang menceritakan tentang aksi peretasan ini oleh sekelompok remaja untuk memasukkan virus ke dalam sistem jaringan perusahaan terkenal.

Perusahaan tersebut pun menyadari kalau informasinya dicuri oleh hacker, kemudian mempekerjakan seorang ahli IT untuk melindungi sistem jaringannya. Akan tetapi, sekelompok remaja ini menemukan kecurangan yang dilakukan ahli IT tersebut dan malah ingin membongkar kecurangan si ahli IT tersebut.


The Matrix

The Matrix
Perbesar
Keanu Reeves di film The Matrix (1999).

Salah satu film paling seru tentang hacker adalah The Matrix (1999). Dalam film ini, Keanu Reeves memerankan seorang peretas di internet yang dicari-cari oleh pihak berwenang. Lalu ia sadar bahwa jaringan internet yang ia retas ternyata menyimpan rahasia yang lebih besar.


Takedown

Takedown.
Perbesar
Potongan film Takedown. (Foto: IMDB)

Film yang diangkat dari kisah nyata ini menghadirkan cerita peperangan digital antara satu hacker dengan yang lainnya. Peperangan itu terjadi antara Skeet Ulrich (Kevin David Mitnick) dan Rusell Wong (Tsutomu Shimomura). Ya, meskipun Mitnick harus masuk ke dalam jeruji besi, tapi setelah bebas, dirinya menjadi konsultan keamanan teknologi informasi, pembicara, dan penulis buku.


Swordfish

Swordfish.
Perbesar
Potongan film Swordfish. (Foto: IMDB)

Film ini diperankan oleh John Travlota, Hugh Jackman, dan Halle Berry. John Travolta yang berperan sebagai Gabriel memiliki rencana untuk mencuri sejumlah uang besar. Ia pun menggunakan wanita sebagai umpan, Gingger yang diperankan oleh Halle Berry untuk membujuk seorang hacker, Stanley yang diperankan oleh Hugh Jackman untuk masuk dalam rencana pencurian tersebut.

Di eranya, film garapan sutradara Dominic Sena ini memiliki efek yang hebat lho! Di tahun itu, film ini mampu menampilkan ledakan besar dan sebuah adegan bus kota diangkat oleh helikopter. Pokoknya, film ini wajib masuk list kamu deh!


The Core

The Core
Perbesar
The Core (IMDB)

Film The Core merupakan sebuah film fiksi ilmiah yang tayang pada 2003 silam dan disutradarai oleh Jon Amiel yang lebih dikenal dengan sutradara spesialis film drama. Di film ini, seorang hacker bernama Theodore (diperankan DJ Qualls) dibawa serta dalam misi untuk membantu mereka mengenai masalah internet dan kabar mengenai progres misi mengebor bumi.


The Italian Job

The Italian Job.
Perbesar
Potongan film The Italian Job. (Foto: IMDB)

Ketika kita dengar film ini, satu ingatan yang terlintas adalah Mini Cooper. Ya, mobil ikonik satu ini menjadi kendaraan yang digunakan untuk merampok bank di Eropa.

Namun, tanpa didukung penuh oleh hacker yang apik, perampokan bank tersebut tidak akan berjalan dengan lancar. Dengan bantuan hacker, mereka bisa membajak lampu lalu lintas, meretas ponsel, mengubah transmisi, hingga melakukan pelacakan yang membuat mereka berhasil kabur dari kejaran.


V for Vendetta

V for Vendetta.
Perbesar
Potongan film V for Vendetta. (Foto: IMDB)

Film garapan sutradara James McTeigue ini diperankan oleh Natalie Portman dan Hugo Weaving ini terinspirasi dari novel karya Alan Moore yang sangat populer pada tahun-tahun sebelum film ini tayang.

Film yang menceritakan bagaimana kondisi Inggris di masa depan ini sangat populer ya. Diceritakan bahwa kondisi Inggris di masa depan dikuasai oleh pemerintahan tirani yang menetapkan jam malam, setelah sebuah virus mematikan merebak.

V yang bisa dikatakan sebagai seorang anarkis ini berencana menggulingkan pemerintahan yang tiran tersebut. Dengan dibantu oleh seorang wanita (Evey Hammond), ia meretas stasiun TV untuk menyiarkan propagandan anti-pemerintah dan mengajak masyarakat untuk memberontak.


Blackhat

Indonesia, Bagian Penting dari Film Blackhat (Behind The Scene)
Perbesar
Chris Hemsworth saat syuting Blackhat di Jakarta.

Film ini juga menjadi salah satu film tentang hacker terbaik di era 2000-an. Film ini berkisah tentang para hacker yang beraksi meretas pembangkit listrik tenaga nuklir dan berencana untuk mencuri jutaan dollar dari dunia maya.

Film yang diperankan oleh Chris Hemsworth ini juga menampilkan sisi drama percintaan yang membuat kita terjebak dalam romantisasi sejenak dan aksi laga yang menegangkan yang penuh dengan efek kejut yang cukup oke. Dan yang paling menarik, film ini berlatar di Indonesia, tepatnya Jakarta lho!


Who Am I

Adegan di film Who am I
Perbesar
Adegan di film Who am I

Who Am I: No System is Safe merupakan film yang disutradarai oleh Baran bo Odar dan dirilis pada 2014. Film ini pun menceritakan tentang Benjamin Engel yang ternyata merupakan seorang ahli komputer.

Benjamin Engel sangat menekuni bidangnya hingga belajar peretasan di salah satu situs belajar peretasan. Karena ketekunannya dalam belajar, ia pun tidak memiliki teman dan dirundung temannya. Hingga ia bertemu dengan Max dan diajak untuk membentuk organisasi hacker paling ditakuti dengan nama CLAY.


Cyberbully

Cyberbully
Perbesar
Cyerbully (OMDB)

Film tentang hacker yang tak kalah seru adalah Cyberbully. Film ini disutradai oleh Ben Chanan dan dirilis pada 2015. Cyberbully ini menceritakan tentang seorang anak gadis bernama Megan yang hanya ingin membantu sahabatnya.

Megan tidak terima kalau sahabatnya dirundung, kemudian ia meretas akun Twitter mantan sahabatnya untuk menghapus akun Twitter dengan melalui Alex. Kemudian Megan mendapatkan pesan dari seorang hacker yang mengaku Alex. Namun, ternyata Megan hanya dimanfaatkan hacker tersebut untuk melakukan hal yang diinginkan si peretas.

Itu dia film-film tentang hacker yang bisa kamu tonton di kala waktu senggang. Apa yang paling kamu suka?

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya