Sukses

Kiat Sukses Industri Kreatif di Ruang Digital

Dengan memanfaatkan perkembangan digital kita bisa mengembangkan industri kreatif meskipun hanya berdiam diri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia digital dan media sosial juga memicu perkembangan industri kreatif. Industri kreatif tidak bisa lepas dari dunia digital, karena untuk mengembangkan industri kreatif dewasa ini  pasti memanfaatkan dunia digital. Saat ini banyak industri kreatif yang sudah sukses di Indonesia seperti industri kreatif transportasi online hingga marketplace.

Dengan memanfaatkan perkembangan digital kita bisa mengembangkan industri kreatif meskipun hanya berdiam diri di rumah. Kita bisa mengembangkan industri kreatif yang bersumber dari budaya di sekitar kita, teknologi, maupun ilmu pengetahuan.

Industri kreatif tidaklah membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Cukup dengan kemauan dan memanfaatkan teknologi yang kita kuasai. Lalu bagaimana kiat sukses untuk mengembangkan industri kreatif di ruang digital ?

Kementerian  Komunikasi dan Informatika bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan digital skill masyarakat. Webinar kali ini dengan tema “Perkembangan industri kreatif di ruang digital" akan dilaksanakan Selasa, 13 September 2022 pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Narasumbernya dari berbagai latar belakang; Dirgantara Wicaksono CEO guru youtuber akan menjadi pembicara pertama, kemudian ada Ayu Minarti seorang  konten kreator dan terakhir Andi Muslim Ketua Subkomisi Media Baru Lembaga Sensor Film Indonesia.

Pendaftaran bisa melalui info.literasidigital.id atau https://linktr.ee/siberkreasi

Di era ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Sekarang ini teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Pengguna internet di Indonesia pada 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Pengguna media sosial di Indonesia mencapai 61.8 persen dari total populasi Indonesia.

Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar yang  bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital. Serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan  ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.

Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai tanggal 24 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan. Keempatnya adalah aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.