Intip 7 Stadion Bertaraf Internasional di Indonesia

Oleh Dewi Divianta pada 13 Sep 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 15:00 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno
Perbesar
Gedung perkantoran yang menjulang tinggi dan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, (12/9/2017). Stadion Utama GBK dan kawasan olah raga senayan bersolek menyambut ASIAN Games 2018. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak stadion bertaraf internasional yang layak digunakan untuk ajang atau kegiatan olahraga, khususnya ajang sepak bola tingkat internasional.

Kalian tahu kah, stadion-stadion bertaraf internasional ada di daerah mana saja? Yuk simak ulasan di bawah ini, Liputan6.com mengumpulkan informasi terkait stadion di Indonesia yang bertaraf dunia.

1. Stadion Gelora Bung Karno (GBK)

Stadion Gelora Bung Karno atau GBK menjadi salah satu stadion berstandar internasional yang sangat layak digunakan untuk penyelenggarakan berbagai event atau pertandingan sepak bola bergengsi sebagai tuan rumah. Seperti yang sudah dilakukan sejak dulu jika Stadion GBK menjadi home base Timnas Indonesia, lantaran berbagai aspek yang dimiliki oleh stadion GBK sehingga pihak Timnas Indonesia menggunannya sebagai markas utama.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Jadi Venue Ajang Bergengsi

Stadion Manahan Solo
Perbesar
Stadion Manahan Solo bersiap menyambut Piala Menpora 2021. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Sebelumnya stadion GBK yang berkapasitas 77 ribu lebih penonton itu juga digunakan oleh tim Persija Jakarta sebagai homebase, tetapi lantaran tengah direnovasi untuk persiapan Piala Dunia tahun depan, Persija Jakarta harus menggeser homebasenya di Stadion Patriot Candrabhaga yang berada di Bekasi.

2. Stadion Pakansari

Stadion yang terletak di Cibonong, Bogor itu menjadi stadion yang berstandar internasional lantaran pernah digunakan untuk ajang ASEAN Games 2018 lalu. Stadion ini memiliki lahan parkir yang luas dan akses menuju lokasi stadion sangat mudah bahkan untuk dilalui oleh bus-bus dengan ukuran besar, dan berkapasitas 30 ribu penonton.

Stadion Pakansari menjadi homebase klub lokal Persikabo 1973 dan klub milik Raffi Achmad, Rans Nusantara. Stadion tersebut juga menjadi salah satu stadion yang sering digunakan untuk menjamu tim-tim sepak bola luar ajang bergengsi seperti AFC Cup ASEAN Games, atau event sepak bola lainnya yang melibatkan negara-negara luar.

3. Stadion JIS

Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) stadion yang direncanakan dibangun sejak 2008 silam, itu akhirnya resmi dilaunching pada 24 Juli 2022 lalu itu bisa menampung sekitar 82 ribu penonton. Stadion JIS didesain bertaraf internasional dan berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Stadion JIS menjadi salah satu stadion dengan penutup utuh di Asia Pasifik. Stadion ini telah digunakan untuk ajang International Youth Champions pada Bulan April 2022 lalu dengan peserta dari beberapa negara di dunia.


Mayoritas Jadi Home Base Tim Lokal

Kapten I Wayan Dipta
Perbesar
Stadion Kapten I Wayan Dipta, markas Bali United. (Dok Persebaya)

4. Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo bisa menampung sekitar 20 ribu penonton, jumlah itu berkurang setelah stadion kebanggaannya masyarakat Solo itu direnovasi dan menjadi stadion pertama yang digunakan sebagai tuan rumah ajang internasional ASEAN Para Games 2022 pada Juli 2022 lalu.

Stadion yang merupakan markas klub Persis Solo ini memiliki lokasi parkir luas sehingga penonton tak perlu risau mencari tempat parkir.

5. Stadion Sriwijaya/Jakabaring

Stadion Sriwijaya atau lebih dikenal dengan Stadion Jakabaring ini terletak di Pelembang, Sumatera Selatan ini bisa menampung sekitar 23 ribu penonton. Namun, sebelum direnovasi pada 2004 hingga 2018 stadion tersebut bisa menampung 36 ribu penonton. Stadion tersebut pernah menjadi salah satu venue dalam ajang Internasional ASEAN Games 2018 silam, dan digunakan sebagai home base tim Sri Wijaya FC yang saat ini berada di kasta sepak bola Liga 2.

6. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) memiliki kapasitas sekitar 55 ribu penonton, tetapi setelah direnovasi menjadi 48 ribu lebih itu akan digunakan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 pada tahun depan. 

Stadion tersebut juga dijadikan home base klub asal Surabaya, yakni Persebaya Surabaya. Stadion ini berada di area kompleks olah raga Surabaya Sport Centre yang dibuka pada 2010 silam.

7. Stadion I Wayan Dipta

Berada di Kabupaten Gianyar Bali, Stadion I Wayan Dipta telah melalui tahap renovasi jelang digunakan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. Stadion ini memiliki kapasitas 25 ribu penonton. 

Stadion I Wayan Dipta adalah home base klub berjuluk Serdadu Tridatu atau Bali United, dan digunakan sebagai kandang mereka sejak tahun 2015 silam. 

Jadi stadion manakah yang pernah kalian datangi? Coba kunjungi stadion di atas dan rasakan sensasi menikmati ajang internasional di dalamnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya