Sukses

5 Tips Sederhana Menghindari Gangguan Kesehatan Mental

Banyak cara bisa dilakukan seseorang untuk menghindari gangguan kesehatan mental di tengah padatnya aktivitas bekerja sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan mental adalah sebuah pondasi dalam hidup setiap manusia agar bisa hidup bahagia. Banyak di luaran sana kurang bahagia meskipun dalam segi ekonomi cukup.

Tapi tenang saja teman-teman, di sini kita akan mengulas bagaimana caranya menghindari gangguan mental, agar kesehatan mental kita bisa terjaga.

Sehingga nanti efeknya akan berpengaruh kepada suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan menikmati hidup dengan utuh dan kembali merasa bahagia.

Dirangkum dari berbagai sumber, beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk menghindari gangguan kesehatan mental agar ketahanan kualitas kesehatan mental terjaga:

Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri

Berdasarkan penelitian bahwa berprasangka positif pada diri sendiri bisa menunjukkan efek yang luar biasa pada kondisi kejiwaan kita.

Karena kalau kita selalu berpikir yang negatif terus dalam diri kita, hal itu juga dapat memberikan hal tidak baik pula dalam diri.

Begitupun sebaliknya, apabila kita menggunakan kata-kata positif semua akan membuat kalian lebih optimis dan percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tuliskan Rasa Syukur

Apabila kita menjalani hidup dengan penuh rasa syukur pada Allah SWT, maka hidup kita Insya Allah akan terasa tenang dan tentram.

Nah, cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah dengan cara membuat sebuah jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap hari. Hal itu juga bisa menjadi renungan kita ke depan agar bisa hidup lebih baik lagi.

Fokus

Fokuslah apa yang ingin kita tuju, dan jangan lupa untuk selalu berpikir positif di setiap langkah yang ingin tuju. Karena tujuan utama dari fokus adalah untuk melepaskan energi atau apa pun emosi negatif atau sulit dalam pengalaman masa lalu yang membebani.

Jadi tetaplah berpikir fokus ke depan, jangan hiraukan apa-apa yang membuat kita stres atau pusing. Tetaplah semangat untuk menjalani hidup.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga

Selanjutnya adalah sering seringlah kalian berolahraga, karena Dengan olah raga tubuh kita akan mengeluarkan endorfin yang akan membantu membuang stres dan juga bisa meningkatkan suasana hati lebih tenang dan fresh.

Di sisi lain, olahraga juga adalah penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang begitu ampuh.

Konsumsi Makanan Enak

Selanjutnya adalah sering seringlah kalian konsumsi makanan enak, karena makanan enak mengandung berbagai nutrisi pada tubuh, sehingga mengonsumsi makanan enak dan lezat bisa memberikan efek sehat baik pada otak atau ketenangan jiwa.

Maksud dari mengonsumsi makanan enak itu sewajarnya saja ya, karena kalau tiap hari makan enak ya nanti keuangan kita bisa ludes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.