Sukses

Biodata Pangeran William, Putra Mahkota Kerajaan Inggris

Pangeran William merupakan cucu pertama Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Bandung - Kepergian Ratu Elizabeth II membuat Inggris berduka. Pangeran Charles, putra Ratu Elizabeth pun kini menjadi Raja Inggris Raya karena menjadi penerus sang ratu.

Meninggalnya Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris Raya membuat adanya perubahan dari garis penerus kerajaan, salah satunya Pangeran William yang kini menjadi Putra Mahkota.

Pangeran William atau nama lengkapnya adalah William Arthur Philip Louis merupakan anak pertama dari Pangeran Charles dan Putri Diana. Dia lahir di Rumah Sakit St Mary, London, Inggris pada tanggal 21 Juni 1984.

Pangeran William merupakan cucu pertama Ratu Elizabeth II. Ia juga mempunyai adik yaitu Pangeran Harry.

Semasa kecil, Pangeran William serta Pangeran Harry mempunyai masa kecil yang kurang menyenangkan. Sebab, kedua pangeran harus melihat perpisahan orangtuanya yaitu Pangeran Charles dan Putri Diana.

Tidak lama dari perpisahan keduanya, Pangeran William dan Pangeran Harry harus merasakan duka juga karena kehilangan sang ibu untuk selamanya karena Putri Diana meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Paris, Perancis pada 31 Agustus 1997.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendidikan Pangeran William

Pangeran William diketahui bersekolah di Ludgrove School di Berkshire, Inggris. Ia juga kemudian lulus dari Ludgrove School dan melanjutkan pendidikannya di Eton College. Berbeda dari tradisi keluarga Kerajaan Inggris yang pendidikannya di GordonStoun, Pangeran William justru memilih untuk mengikuti tradisi keluarga Spencer.

Ketika ia lulus dari Eton College, Pangeran William pun melanjutkan belajar di Universitas St Andrews, Skotlandia. Ia berhasil menyelesaikan pendidikannya di bidang geografi dengan nilai yang sangat memuaskan pada tahun 2005.

Tidak hanya itu, ia juga melanjutkan untuk melakukan pendidikan di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst dan menimba ilmu kemiliteran dan lulus dengan pangkat letnan.

Pangeran William pun setelah selesai dengan pendidikannya lanjut mengikuti tradisi dari keluarga Kerajaan Inggris yaitu bergabung dengan Blues and Royals sebagai prajurit. Karir militernya pun terakhir menjadi Letnan Penerbang di Royal Air Force atau Angkatan Udara Kerajaan Inggris.

3 dari 4 halaman

Kisah Cinta Pangeran William

Pangeran William sendiri mempunyai kehidupan pribadi yang jauh dari kontroversi. Kisah cintanya berawal dari kabar hubungan dirinya dengan Catherine Middleton atau Kate Middleton sejak 2003 ketika keduanya berkuliah di Skotlandia.

Hubungannya sempat berpisah, tetapi pada Juni 2007 keduanya kembali terlihat bersama pada saat Pangeran William mengadakan pesat di Lulworth Army Barracks. Hubungan keduanya pun terus berlanjut sampai akhirnya pada 2010 tepatnya tanggal 16 November, Kerajaan Inggris mengumumkan rencana pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.

Pada 29 April 2011 akhirnya keduanya resmi menjadi sepasang suami istri, dan dua tahun sejak pernikahan tersebut pada 22 Juli 2013 keduanya dikarunai seorang putra.

Anak pertamanya tersebut lahir dengan berat 3,7 kg dan diberi nama George Alexander Louis. Kemudian pada 2 Mei 2015 keduanya dikaruniai seorang putri yang diberi nama Charlotte Elizabeth Diana.

Setelah itu, tiga tahun kemudian lahir anak ketiga keduanya pada 23 April 2018 dengan nama Louis Arthur Charles.

4 dari 4 halaman

Peduli Isu Lingkungan dan Kemanusiaan

Pangeran William juga dikenal sebagai sosok yang sama seperti Ibunya, yaitu sangat memperhatikan isu lingkungan serta kemanusiaan. Ia sangat peduli terakit isu HIV Aids sejak 1990 dan terlibat aktif di yayasan Sentebale yang merupakan yayasan amal milik Pangeran Harry.

Biodata singkat Pangeran William. 

Nama Lengkap: William Arthur Philip Louis

Tempat Lahir: London

Tanggal Lahir: 21 Juni 1982

Ayah: Pangeran Charles atau Raja Charles III

Ibu: Putri Diana

Pasangan: Putri Kate Middleton

Anak: Pangeran George dari Cambridge, Putri Charlotte dari Cambridge, Pangeran Louis dari Cambridge

Saudara: Pangeran Harry Duke of Sussex

Pendidikan: Ludgrove School, Eton College, dan University of St. Andrews

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.