Sukses

Cuaca Dingin Tiba, Ini Referensi Makanan dan Minuman Penangkal Flu

Flu sendiri sebabnya ada banyak, salah satunya bisa karena cuaca yang dingin.

Liputan6.com, Bandung - Bandung beberapa hari terakhir ini sering hujan, mendung hingga berawan dan sedikit sekali celah matahari dapat terlihat. Cuaca seperti ini membuat Bandung menjadi lebih dingin.

Cuaca dingin dapat membuat seseorang menghirup udara yang dingin dan kering. Maka dari itu, ketika hidung mengalami cuaca seperti itu secara alami akan meningkatkan produksi cairan yang dapat menyebabkan flu.

Flu sendiri sebabnya ada banyak, salah satunya bisa karena cuaca yang dingin. Virus influenza yang menular dari seseorang yang awalnya flu dan masih banyak lagi.

Salah satu cara untuk menangkal flu terjadi pada diri bisa dengan memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Berikut referensi makanan dan minuman penangkal flu.

Saksikan Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sup

Sup menjadi salah satu makanan yang harus dicoba pada saat flu datang. Makanan ini mudah dibuat dan baik dikonsumsi, terutama jika sup ini terdiri dari bahan makanan yang sehat dan memenuhi nutrisi.

Salah satunya sup ayam bisa jadi makanan yang cocok untuk menangkal flu atau dimakan pada saat flu, berisikan ayam, sayuran dan rempah-rempah makanan ini kaya akan nutrisi dan dapat meningkatkan sistem imun.

2. Jahe

Jahe sudah lama sekali dikenal sebagai obat tradisional dalam meredakan pilek atau penyakit lain seperti batuk, sakit tenggorokan, dan lain-lain. Jahe dikenal sebagai mengobati gejala flu dan olahannya bisa dibuat sebagai minuman jahe hangat yang ditambahkan madu serta lemon.

3. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang kaya akan protein dan salah satu sumber probiotik. Ia mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus yang menyebabkan flu terjadi pada seseorang.

3 dari 3 halaman

4. Jeruk dan Lemon

Jeruk dan Lemon menjadi salah satu sumber antioksidan, kandungan yang ada pada jeruk dan lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menghempaskan virus flu dengan cepat.

5. Madu

Madu juga bisa diolah menjadi minuman dalam menangkal flu. Kandungannya yang dipercayai mempunyai efek antioksidan dan antiradang, sehingga madu juga menjadi salah satu obat tradisional dalam meredakan gejala flu atau meringankan gejala flu. Perlu diperhatikan juga untuk madu sendiri tidak boleh diberikan kepada anak dibawah usia 1 tahun karena berisiko untuk keracunan

6. Sayuran Hijau

Sayur-sayuran juga menjadi sala satu makanan yang dapat menangkal flu, sayur seperti bayam, sawi, kangkung, dan masih banyak lagi. Sayuran mempunyai kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Nutrisi dari makanan tersebut dapat membantu dalam memperkuat sistem tubuh.

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.