Sukses

Keren Maksimal, Mahasiswa UNG Ciptakan Prototipe Mobil Listrik Hemat Energi

Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berhasil menciptakan prototipe mobil listrik hemat energi.

Liputan6.com, Gorontalo - Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berhasil menciptakan prototipe mobil listrik hemat energi. Mobil listrik tersebut rencananya akan menjadi moda transportasi dan mobilisasi di kampus.

Meski banyak kekurangan dan masih dalam tahap uji coba, para mahasiswa UNG terus mengembangan mobil tersebut. Dengan niat dan tekad yang kuat, bagian rangka mobil mulai terbentuk menyerupai mobil mini pada umumnya.

Fardiansyah Pakaya, penanggungjawab prototipe mobil listrik tersebut mengungkapkan, pengerjaan mobil listrik melibatkan 5 mahasiswa, di antaranya mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin dan Prodi Teknik Industri.

"Selain mahasiswa pengembangan proyek, juga melibatkan PLP dan Laboran di Laboratorium Teknik Industri," kara Fardiansyah, Jumat (9/9/2022).

"Sebelumnya kami pernah menciptakan prototipe mobil listrik untuk lomba. Namun kali ini kami coba kembangkan lagi dengan menciptakan prototipe mobil listrik hemat energi untuk mobilisasi kampus," tuturnya.

Menurutnya, mobil listrik yang diberi nama Electrical Car Celebes (ECC) ini desainnya dirancang langsung oleh mahasiswa. Dengan berbekal ilmu yang didapatkan selama kuliah di UNG, mereka dengan cekatan membentuk mobil tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sesuai Target

Sementara itu Wakil Dekan II Fakultas Teknik UNG Idham Halid Lahay mengatakan, prototipe mobil listrik bisa diselesaikan sesuai waktu yang ditargetkan. Digarap sejak dua bulan terakhir, progres prototipe mobil listrik tersebut telah mencapai 50 persen.

"Mudah-mudahan akan selesai pada waktunya," kata Halid.

“Melalui prototipe mobil listrik ini, Fakultas Teknik ingin menunjukkan bahwa UNG juga bisa bersaing, baik dalam hal menciptakan prototipe mobil listrik yang hemat energi, dan bebas dari polusi,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.