9 September Diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional, Berikut Sejarah Haornas

Oleh Huyogo Simbolon pada 09 Sep 2022, 09:25 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 09:25 WIB
Ilustrasi Hari Olahraga Nasional (HAORNAS)
Perbesar
Ilustrasi Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Bandung - Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional atau Haornas. Haornas pada 9 September menjadi salah satu hari nasional yang selalu diperingati berdasarkan dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985.

Adapun Haornas menjadi salah satu bentuk kepedulian dari pemerintah mengenai pentingnya pendidikan olahraga. Pada perayaan Haornas tahun ini, mempunyai tema “Bersama Cetak Juara” seperti dilansir dari laman Instagram resmi Kemenpora yang turut merayakan Hari Olahraga Nasional ke-39 ini.

Dilansir dari situs resmi Dispora Sumatera Utara, awal mula dari dibuatnya Hari Olahraga Nasional di Indonesia ini karena diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada 9 sampai 12 September 1948.

Pada 9 September 1948 tersebut lah hari pertama dari pembukaan acara PON kini ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tahunnya.

PON sendiri dibuat karena pada saat itu para atlet-atlet Indonesia tidak dapat mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di London, Inggris karena pada saat itu Kemerdekaan serta Kedaulatan dari Indonesia belum memperoleh pengakuan dari dunia dan paspor Indonesia masih belum diakui oleh Pemerintahan Inggris.

Meskipun jika ingin tetap mengikuti olimpiade pada saat itu jika menggunakan paspor Belanda. Namun, putra dan putri Indonesia hanya ingin berpartisipasi sebagai perwakilan dari negara Indonesia.

Maka dari itu akhirnya PORI atau Persatuan Olahraga Republik Indonesia membuat kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional. Kegiatan PON menjadi bentuk nyata bahwa pemerintah pada saat itu sangat peduli dan menjadi bukti pada dunia bahwa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga dalam skala nasional.

Acara PON tersebut tentunya disambut oleh masyarakat Indonesia terutama oleh para atlet Indonesia yang turut mengikuti kompetisi dan bertanding dalam sembilan cabang olahraga dalam memperebutkan 108 mendali.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Perayaan Haornas 2022

Persiapan Perayaan Haornas 2022
Perbesar
Persiapan Perayaan Haornas 2022

Perayaan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 pada Jumat 9 September 2022 dipastikan akan diwarnai atraksi 14 cabang olahraga (cabor) unggulan dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Perayaan Haornas ini akan dipusatkan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Atraksi-atraksi yang ditampilkan dari cabor-cabor tersebut akan diperagakan oleh para atlet muda Kalimantan Timur. Atraksi ini ujungnya berbunyi pesan-pesan semangat untuk meraih prestasi tinggi mencetak juara di pentas dunia.

Pemilihan atlet-atlet muda yang nantinya akan tampil di hadapan Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin dan tokoh Pembaharu Olahraga Indonesia Menpora Zainudin Amali serta stakeholder olahraga lainnya di perayaan Haornas 2022 nanti punya maksud khusus.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mengungkapkan bila atlet-atlet muda inilah nantinya yang akan mengisi puncak prestasi olahraga Indonesia di pentas internasional pada masa yang akan datang.

"Kita melibatkan atlet muda dari cabang olahraga DBON dalam mengisi acara perayaan Haornas 2022 ini, karena mereka semualah nantinya yang akan mengisi puncak prestasi olahraga Indonesia kedepannya," tutur Raden Isnanta saat mempersiapkan acara Haornas 2022 di Stadion Batakan, Kamis (8/9/2022).

Selain atraksi cabor dari DBON, Raden Isnanta pun sedikit menjabarkan penampilan lainnya seperti informasi karya-karya terbaik setelah DBON dilaunching yang terbungkus dalam implementasi DBON yang menggambarkan kesuksessan penyelenggaraan PON Papua, Peparnas, hasil positif di SEA Games Vietnam, hingga tim Merah Putih mampu mempertahankan predikat juara umum di ajang ASEAN Para Games di Solo lalu, serta pencetakan rekor MURI SKJ Pelajar Bugar yang dicetak Kemenpora baru-baru ini dan kesuksesan ajang Fornas di Palembang.


Dihadiri Wapres

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin
Perbesar
Menyambut hari besar umat Islam tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengharapkan Muslim di Indonesia dapat berhijrah ke arah yang lebih baik lagi, baik sebagai pribadi, kelompok, maupun bangsa. (Foto: BPMI, Setwapres).

Peringatan Haornas 2022 bakal dilaksanakan di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, pada Jumat, 9 September 2022 mendatang. Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin dijadwalkan akan menghadiri perayaan Haornas yang mengambil tema Bersama Cetak Juara itu.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selaku penyelenggara Haornas terus mempersiapkan puncak perayaan tersebut. Geladi kotor telah dilakukan pada Rabu (7/9/2022) malam di stadion megah berkapasitas 40 ribu itu.

Panitia Haornas di bawah komando Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta bersama Kabag Humas Kemenpora, Indra Jayaatmaja turut menghadiri geladi kotor.

Persiapan matang dilakukan karena Haornas 2022 akan dihadiri puluhan ribu masyarakat, stakeholder olahraga Indonesia hingga Wapres Ma'ruf Amin. Haornas 2022 akan berbeda dari edisi 2020 dan 2021 yang dirayakan terbatas karena ancaman Covid-19.

Pemilik warung yang berada di depan Stadion Batakan, Udin dan isterinya, Fauziah memastikan peringatan Haornas ini akan menyedot penonton bukan hanya dari Batakan, namun masayarakat Samarinda dan Tenggarong juga datang. Apalagi, penonton tidak dipungut biaya. "Acara yang pakai tiket aja ramai penonton apalagi peringatan Haornas tidak dipungut biaya alias gratis," kata Udin.

Menurut Udin dan Fauziah, Wakil Presiden Ma'ruf Amin baru pertama kali hadir di stadion Batakan yang merupakan home base tim sepakbola Persiba Balikpapan.

"Kami merasa senang Pak Wapres Ma'ruf Amin bisa hadir di Stadion Batakan yang menjadi pusat peringatan Haornas ke-39. Begitu juga dengan kehadiran Menpora Zainudin Amali," katanya.

Penulis: Natasa K

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya