Sukses

Tak Ada Kabar Usai Pamit Menambang Emas, 4 Orang Ditemukan Tewas Dalam Lubang Galian

Sebanyak 4 orang penambang emas tradisional ditemukan meninggal dunia di dalam lubang tambang 40 meter di Kabupaten Lebong, Bengkulu.

 

Liputan6.com, Bengkulu - Empat orang penambang emas tradisional ditemukan meninggal dunia di dalam lubang tambang 40 meter di Kabupaten Lebong, Bengkulu.  

Kepala Kepolisian Resor Lebong Ajun Komisaris Besar Polisi Awilzan, Kamis (8/9/2022) membenarkan adanya informasi tersebut. Awilzan mengatakan, empat orang penambang emas tradisional tersebut ditemukan warga pada Kamis menjelang subuh sekitar pukul 04.00 WIB di dalam lubang tambang Tik Aseak Desa Ketenong l, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong.

"Keempat korban meninggal dunia diduga akibat kehabisan oksigen saat berada di dalam lubang sedalam 40 meter," katanya.

Empat penambang emas tradisional yang meninggal dunia tersebut adalah Aryanto (30), Iwan (32), dan Rizki (27), ketiganya warga Desa Air Kopras, Kecamatan Pinang Belapis, serta seorang lagi Madon (25), warga Kelurahan Muara Rupit, Kabupaten Muratara, Sumatera Selatan.

Sebelumnya ada tiga orang dari pihak keluarga korban melakukan pencarian setelah para penambang itu tidak pulang ke rumah sejak pamit pergi untuk menambang emas di Tik Aseak pada Sabtu, 3 Agustus 2022.

Ketiga orang pihak keluarga korban, yakni Hendra, Heru dan Rus, melakukan pencarian dengan menelusuri lubang tambang yang diduga dimasuki para korban.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian

Awilzan menceritakan, kronologi kejadian itu bermula saat keempat korban berangkat bersama-sama pada Sabtu (3/9/2022) sekitar pukul 08.00 WIB menuju tambang emas lubang Tik Aseak untuk mencari urat emas.

Kemudian pada Kamis dini hari sekitar pukul 02.00-03.00 WIB, salah seorang keluarga korban menemukan barang milik penambang yang tertimbun di dalam lubang Tik Aseak.

"Mereka lalu melaporkan temuan itu kepada Kepala Desa Air Kopras bahwa keempat korban tersebut diduga tertimbun di salah satu lubang Tik Aseak," terangnya.

Pada sekitar pukul 10.00 WIB, keempat penambang emas tradisional yang tewas itu akhirnya berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan TNI/Polri, BPBD, Dinkes Lebong, serta keluarga korban dan warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.