Kisah Bangunan Angker Bergaya Spanyol di Semarang, Muncul Penampakan Hantu Bersaudara

Oleh Tifani pada 09 Sep 2022, 03:00 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 03:00 WIB
Bangunan Angker
Perbesar
Ilustrasi bangunan angker (Liputan6.com / Edhie Prayitno Ige)

Liputan6.com, Semarang - Sebuah rumah kuno yang berada di kawasan Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi salah satu bangunan yang dikenal angker oleh masyarakt sekitar. Bahkan, kemasyhuran rumah kuno ini sebagai bangunan angker, membuat rumah ini pernah dijadikan lokasi syuting film horor Indonesia.

Rumah yang kini kosong tersebut sempat menjadi lokasi syuting film Suzzanna, yang berjudul Bernapas dalam Kubur. Rumah bergaya Eropa ini menyimpan segudang misteri.

Dikutip dari berbagai sumber, rumah yang berlokasi di Jalan Letjen S Parman ini menyimpan misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. Sekilas bangunan angker yang berada di tengah perkotaan ini masih layak dihuni.

Namun memang kondisinya kini kotor, tidak terawat dan banyak ditumbuhi tanaman liar. Ada dua versi mengenai rumah yang terbengkalai tersebut.

Konon katanya, di rumah ini dulu tinggal satu keluarga berkebangsaan Spanyol. Lalu mereka kembali ke Spanyol meninggalkan rumah tersebut dan tidak kembali lagi sampai sekarang.

Sedang versi lainnya, rumah ini terbengkalai karena dulu di rumah tersebut terjadi kasus pembantaian satu kelauarga yang sampai sekarang belum diketahui pelakunya. Terbengkalainya rumah megah tersebut konon katanya dijadikan peluang oleh para kriminal untuk tempat bersembunyi.

Saat memasuki rumah tersebut, hawa dingin menyelimuti sekujur badan, membuat bulu kuduk berdiri. Di dalam rumah ini masih tersisa keindahan model arsitektur khas Spanyol rumah tersebut.

Arsitektur bergaya Spanyol yang sangat khas dengan ukiran-ukiran indah di setiap dindingnya. Sejumlah mural yang sepertinya dibuat setelah rumah ini kosong, betebaran di sejumlah tembok.

Namun, di balik keindahan arsitektur rumah tersebut, kesan angker masih tetap ada. Ditambah kondisi rumah sekarang yang kotor, rumput tumbuh tinggi, akar pohon sudah menjalar, dan semak menutupi bagian rumah membuat pengguna jalan dan warga sekitar menjadi merinding.

Sosok hantu dua wanita bersaudara yang diduga adalah penghuni asli rumah tersebut juga konon kerap muncul. Tak hanya sosok dua wanita tersebut, berbagai siluman juga kerap menampakkan dirinya seakan-akan memberi pertanda buruk.

Baru-baru ini ramai diperbincangkan mengenai sosok kuntilanak merah yang menunjukkan eksistensinya melalui suara dan penampakannya sedang terbang di sekitar rumah tersebut. Tak jarang orang yang mendekati rumah tersebut mencium bau anyir seperti darah.

Sosok tinggi besar juga konon katanya sering menampakkan diri di sekitar pohon besar yang tumbuh di halaman rumah tersebut. Diduga sosok genderuwo dan siluman lainnya lah yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya sekitar rumah Spanyol tersebut. Beberapa pengguna jalan yang melintasi rumah terbengkalai itu kabarnya juga sering melihat sosok noni-noni yang membuatnya menjadi salah fokus dalam berkendara.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya