Sukses

Cleo, Cara Belajar Ilmu Kimia dengan Permainan

Salah satu landasan pokok kimia yang harus dikuasai adalah Dikarenakan SPU jumlahnya yang cukup banyak yakni 118 unsur, membuat siswa kesulitan memahami kimia.

Liputan6.com, Yogyakarta Sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam memahami materi Sistem Periodik Unsur (SPU) dalam pelajaran kimia di sekolah. Dengan alasan itu, mahasiswa UGM membuat inovasi permainan edukatif yang diberi nama Cleo atau Chemical Learning with Uno Card untuk menjadi salah satu sarana edukasi dalam memahami ilmu kimia bagi siswa.

"Cleo dirancang penuh dengan animasi berwarna dan memiliki aturan bermain yang menyenangkan agar mampu tercipta permainan yang menyenangkan dalam belajar ilmu kimia," kata Rindi Eliza Arta mahasiswa Fakultas Kimia UGM, dalam rilis yang dikirim Rabu 31 Agustus 2022 lalu.

Iqbal Wahdan Salsabil menjelaskan Cleo juga terintegrasi oleh teknologi Augmented Reality (AR) dan Voice Over (VO) yang dapat menampilkan informasi tambahan mengenai unsur yang bersangkutan apabila dilakukan scanning pada kartu menggunakan aplikasi yang telah disiapkan. Saat kartu Cleo di scan maka akan mengeluarkan suara yang menjelaskan fakta menarik mengenai setiap unsur yang didapat.

“Adanya voice over tersebut, Cleo juga dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk yang memiliki keterbatasan sekalipun,” kata mahasiswa Ilmu dan Industri Peternakan UGM.

Iqbal mengatakan kartu Cleo tidak hanya sebagai ajang hiburan semata namun juga menjadi permainan dan siswa dapat belajar kimia. Permainan kartu Cleo ini menurut Iqbal masih akan terus dikembangkan dalam penyempurnaan sistem dan mengikuti kebutuhan pasar.

Selain Iqbal dan Rindi, kartu Cleo ini dibuat oleh Mandrea Nora (Kimia), Ryan Kusnadi (Teknologi Informasi) dan Tari Hardiani Safitri (Teknik Industri).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.