Galau BBM Naik, 6 Cara Ini Bikin Bensin Mobil Lebih Irit

Oleh Huyogo Simbolon pada 09 Sep 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi mobil isi bensin di SPBU (Liputan6.com)
Perbesar
Ilustrasi mobil isi bensin di SPBU (Liputan6.com)

Liputan6.com, Bandung - Galau BBM naik tapi tetap harus bepergian tentu perlu solusi. Ketimbang meratapi kenaikan BBM, mending mengubah gaya berkendara. Sebab, mobil irit bahan bakar niscaya akan membuat masyarakat lebih peduli ketika harga BBM mengalami kenaikan.

Beragam cara bisa dilakukan untuk menyiasati kenaikan harga tersebut, misalkan saja menggunakan menggunakan transportasi umum. Tapi, menggunakan transportasi publik juga harganya sudah naik.

Paling penting tentu adalah mengetahui cara menghemat bensin selama mengendarai mobil. Sehingga, jadi pilihan bijak kamu untuk memastikan konsumsi bahan bakar kendaraan irit.

Berikut Liputan6.com rangkum tips-tips hemat bensin saat mengendarai mobil pribadi di saat BBM naik. Simak selengkapnya!

1. Jangan Ngebut

Pada dasarnya, mengendarai kendaraan apapun memang harus dilakukan dengan santai tanpa tergesa-gesa. Tak hanya untuk hemat bensin, tetapi juga kurangi risiko kecelakaan.

Selama perjalanan jangan sampai ngebut di atas 100 km/jam. Usahakan melaju di kecepatan 40-80 km/jam. Sebab semakin cepat mobil melaju, maka kian boros juga konsumsi bensinnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Berikutnya

2. Pilih Berkendara di Jam Lengang

Trik ini memang agak sulit dilakukan jika kamu mengendarai tepat di saat jam kerja, di mana lalu lintas biasanya macet. Tapi, perlu untuk kamu ketahui, mengendarai mobil di jalanan yang padat merayap pada jam-jam sibuk membuat mobil mengonsumsi bahan bakar lebih banyak dari kondisi normal. Sebab, berhenti terlalu lama dengan mesin yang masih menyala akan memengaruhi penggunaan bensin mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kepadatan jalan dan jam kamu berkendara untuk membuat mobilmu hemat BBM. Sebagai contoh, apabila biasanya kamu berangkat ke kantor jam 7.30 dan selalu terjebak macet parah, tidak ada salahnya untuk mencoba bangun lebih pagi dan berangkat lebih awal misalnya pukul 06.30 agar kondisi jalan lebih bersahabat.

3. Perhatikan Pemakaian AC

Pemakaian AC juga harus diperhatikan dalam tips agar mobil irit BBM. Bisa dibilang, pendingin sudah jadi salah satu unsur penting dalam mobil. Apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya, mau tidak mau AC terus menyala sepanjang jalan.

Yang harus kamu tahu, memakai AC itu juga mengurangi bahan bakar loh. Nah, agar bisa lebih irit bensin, kamu harus mempertimbangkan kapan waktu yang tepat menyalakan dan mematikan AC, atau memutuskan besarnya blower dari AC. Bila tidak terlalu panas, mungkin kamu bisa membuka sedikit jendela mobil atau mengurangi kekuatan blower sebagai opsi lain dari pendingin atau AC mobil.


Selanjutnya

4. Panaskan Mobil Terlebih Dulu

Tips ini memang sederhana. Sebelum digunakan tidak ada salahnya memanaskan mobil.

Mobil dalam kondisi stabil akan menghemat pemakaian BBM. Putaran mesin harus berada di 3000 RPM.

5. Jangan Menempel dengan Kendaraan Lain

Hal penting lain dalam berkendara untuk memastikan keselamatan kita sendiri dan tentunya pengguna jalan yang lain, yaitu menjaga jarak dengan mobil di depan dan di belakang. Selain menghindari blind spot, ini juga dapat membuat mobil kamu lebih hemat BBM loh.

Karena kamu akan melajukan mobil sesuai kebutuhan, tidak ada mengerem mendadak dan sebagainya. Selain bisa mengirit bensin, kamu juga akan terhindar dari risiko kecelakaan sehingga keamanan berkendara turut terjaga.

6. Rawat Mobil Secara Berkala

Melakukan servis mobil secara berkala juga bisa membuat kendaraanmu lebih irit bensin, loh! Karena dengan demikian, kualitas komponen-komponen dalam mobil akan terjaga sehingga performanya tetap top.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya