Sukses

Cara Mendaftar Bansos BLT BBM di Aplikasi Cek Bansos

Masyarakat dapat memeriksa namanya untuk mengetahui apakah menerima bantuan tersebut atau tidak yang dapat diperiksa di situs resmi ataupun aplikasi.

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Sosial (Kemensos) tengah membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM sebesar Rp600 ribu yang kini sudah cair. Pencairan uang bansos tersebut juga dilakukan oleh Kemensos melalui Kantor POS Indonesia.

Lantas bagaimana untuk mendapatkan bansos dari Kementerian Sosial tersebut?

Masyarakat sendiri dapat memeriksa namanya untuk mengetahui apakah menerima bantuan tersebut atau tidak yang dapat diperiksa di situs resmi ataupun aplikasi.

Jika nama kita tidak terdaftar dan ingin mendapatkan bantuan dari Kemensos tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendaftarkannya. Cara ini dapat dilakukan sendiri melalui program usul sanggah yang menjadi salah satu fitur dalam Aplikasi Cek Bansos.

Program ini sendiri sengaja dilakukan dan dibuat fiturnya dalam aplikasi agar bisa menjadi solusi jika terdapat data orang yang berhak mendapatkan bantuan namun namanya tidak terdaftarkan. Ataupun dapat juga dengan menghubungi command center Kementerian Sosial yaitu melalui nomor telepon 021-171. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Daftar BLT BBM melalui Fitur Usul

Program ini dapat ditemukan dalam fitur yang ada di aplikasi cek bansos. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mendaftarkan tidak hanya diri sendiri dan keluarga namun juga warga ataupun fakir miskin lain.

Berikut langkah-langkah dalam mendaftar melalui fitur usul.

1 Pertama-tama tentunya mengunduh aplikasi cek bansos

2. Jika sudah buka menu dan klik "Daftar Usulan"

3. Jika sudah terbuka, klik bagian "Tambah Usulan"

4. Kemudian isi formulir sesuai dengan data kependudukan dari penerima

5. Setelah itu pilih jenis bantuan bisa BPNT atupun PKH

6. Jika sudah lanjut untuk mengunggah 2 foto yaitu KTP serta foto rumah dari tampak depan.

3 dari 3 halaman

Cara Daftar BLT BBM dalam Fitur Sanggah

Fiur sanggah di sini adalah sebuah fitur yang dapat digunakan untuk menilai apakah orang yang di sekitar tempat tinggal tersebut layak untuk mendapatkan BLT atau tidak. Jelasnya berikut langkah-langkahnya. 

1. Buka Aplikasi Cek Bansos

2. Buka menu kemudian pilih bagian "Tanggapan Kelayakan"

4. Setelah itu halaman akan membuka data dari penerima BLT yang ada disekitar tempat tinggal

5. Jika sudah terlihat kemudian dapat diberikan tanggapan dengan mengklik icon jempol menghadap ke atas untuk memberi tanggapan jika orang tersebut layak mendapatkan bantuan dan jempol menghadap ke bawah jika orang tersebut tidak layak menerima BLT

6. Jika sudah begitu isi alasan dari kenapa orang tersebut tidak layak, setelah itu klik "Kirim Tanggapan"

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.