Sukses

Berlayar dari Sulbar ke IKN, Peserta Festival Sandeq akan Disambut Wakil Presiden

Panitia Festival Sandeq 2022 Indonesia Mendukung IKN tengah mempersipkan dengan matang penyambutan para pelaut ulang Tanah Mandar itu

Liputan6.com, Balikpapan - Panitia Festival Sandeq 2022 Indonesia Mendukung IKN tengah mempersipkan dengan matang penyambutan para pelaut ulang Tanah Mandar itu. Saat ini, ada 34 perahu sandeq yang berlayar dari Sulawesi Barat menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tengah berjuang untuk tiba di Pantai Manggar Kota Balikpapan.

Para Passandeq (awak perahu sandeq) dijadwalkan tiba di daratan Kalimantan Timur pada 7 September 2022 setelah membelah Selat Makassar. Sebanyak 28 sandeq lomba dan tujuh sandeq klasik meninggalkan Mamuju, Sulawesi Barat pada 5 September 2022 lalu.

"Berdasarkan informasi yang diperoleh dari tim panitia Festival Sandeq 2022, para Passandeq sudah tiba di Pulau Salissingan (etape 6) hari ini sekitar pukul 12.00 Wita," kata Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik di Balikpapan, Selasa (06/09/22).

Akmal menambahkan, seharusnya ada 35 perahu sandeq yang sampai di Pantai Manggar, namun satu perahu mengalami rusak parah diterjang badai saat perjalanan. Sandeq itu rusak saat menyebrang dari Mamuju ke Pulau Ambo (etape 5) pada 5 September 2022.

"Para Passandeq beristirahat satu malam di Pulau Salissingan dan akan melanjutkan rute berlayar ke Pantai Manggar (etape 7) pada 7 September. Diperkirakan akan tiba saat siang dan akan dilakukan acara penyambutan di Pantai Manggar," ujar Akmal.

Akmal menerangkan, selain penyambutan saat tiba di Pantai Manggar pada 7 September 2022, Passandeq juga kan disambut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat Hari Olahraga Nasional pada 9 September 2022. Akan ada dua prosesi seserahan pada pada dua hari penyambutan para pelaut ulung Tanah Mandar (Sulawesi Barat) itu.

Pada 7 September 2022 akan dilakukan seserahan oleh Pj Gubernur Sulawesi Barat bersama enam bupati se-Sulawesi Barat kepada Gubernur Kalimantan Timur dan Wali Kota Balikpapan. Sementara pada 9 September 2022 seserahan dilakukan oleh lima provinsi mewakili Pulau Jawa, Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

"Kami juga melaksanakan prosesi melalui tari karya seni budaya sekaligus juga penyerahan simbol dukungan 34 provinsi di Indonesia kepada Presiden dalam mendukung percepatan pembangunan IKN," tutup Akmal.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.