Sukses

7.518 Wisman ke Sumut pada Juli 2022, Musa Rajekshah Bertekad Terus Promosi Wisata

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah bertekad terus menggencarkan promosi wisata untuk lebih meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung.

Liputan6.com, Medan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah bertekad terus menggencarkan promosi wisata untuk lebih meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung.

Hal itu dikatakan Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, menanggapi meningkatnya jumlah wisman atau turis asing yang datang ke Sumut pada Juli 2022. Data BPS, jumlah wisman berkunjung ke Sumut pada Juli 2022 mencapai 7.518 kunjungan.

Jumlah tersebut melonjak 26.750 persen jika dibandingkan Juli 2021, karena wisman yang masuk ke Sumut pada saat itu hanya 28 orang.

"Ini satu hal yang baik untuk kita. Artinya, mereka percaya negara kita sudah aman dari penyebaran Covid-19," sebutnya, Selasa (6/9/2022).

Ijeck berharap angka tersebut meningkat terus. Karena semakin meningkat turis yang datang ke Sumut, maka semakin meningkat pula ekonomi daerah.

Ijeck juga mengatakan, peningkatan jumlah wisman tidak terlepas dari promosi wisata dan event-event yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, pemerintah pusat, maupun instansi lainnya.

"Saya akan menggencarkan lagi promosi wisata, agar wisman lebih banyak lagi datang," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jungle Trail Run di Bukit Lawang

Sebelumnya, Pemprov Sumut sudah menggelar Jungle Trail Run di Bukit Lawang sebagai event untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Ada juga Kejurnas Rally yang digelar untuk menggerakkan ekonomi Sumut.

Diungkapkan Ijeck, dalam waktu dekat, 23 hingga 25 September 2022 juga akan dilaksanakan Asia Pacific Rally Championship 2022 (APRC). Pesertanya akan datang dari berbagai negara.

"Ini harus terus kita gencarkan. Karena semua negara berbuat hal yang sama. Harus kita pastikan Sumut bukan hanya aman dari segi kesehatan, dalam hal ini Covid-19, melainkan aman dalam berbagai hal," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Peningkatan Layanan Wisata

Ijeck meminta kepada pihak terkait untuk meningkatkan pelayanan wisata di masing-masing destinasi yang ada. Ke depan juga harus dikembangkan destinasi wisata baru yang ada di Sumut.

"Jadi tidak hanya Danau Toba, Nias, Tangkahan dan Bukit Lawang, tetapi banyak destinasi-destinasi lain lagi yang akan kita kembangkan," sebutnya.

Perbaikan infrastruktur tetap harus diperhatikan, serta edukasi untuk masyarakat agar siap melayani turis-turis yang datang. Karena ini menjadi hal penting.

4 dari 4 halaman

Kunjungan Wisman Berdasarkan Data BPS

Berdasarkan data BPS, kunjungan wisman ke Sumut sudah mulai naik signifikan. Pada Mei 2022, ada 3.861 wisman yang berkunjung, lalu di Juni sudah 5.165 orang, dan Juli sudah 7.000 lebih kunjungan.

Jika melihat realisasi ini, maka ada optimisme tingkat kunjungan akan terus naik hingga akhir tahun. Apalagi jika kasus Covid-19 semakin melandai, akan menjadi kabar baik bagi pelaku sektor pariwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.