Sukses

Lagi Tren, Ini 9 Trik Dekorasi Rumah Bergaya Minimalis di Lahan Sempit

Selain perabot, terdapat beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan dalam mendekorasi rumah minimalis sederhana.

Liputan6.com, Yogyakarta - Rumah dengan konsep minimalis sedang banyak digandrungi, khususnya oleh generasi milenial. Pasalnya, rumah dengan konsep minimalis mampu menghadirkan suasana yang nyaman, bersih, dan memberi kesan rumah lebih luas.

Keterbatasan ruang untuk rumah minimalis membuat kamu harus lebih memperhatikan dekorasi rumah. Tidak semua jenis perabot bisa kamu masukkan ke dalam rumah.

Penggunaan barang secara berlebihan akan membuat tampilan rumah terasa sempit dan tidak sedap dipandang mata. Selain perabot, terdapat beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan dalam mendekorasi rumah minimalis sederhana.

Berikut tips dekorasi rumah lahan sempit.

1. Perhatikan penggunaan perabot

Keterbatasan ruang menjadi sesuatu hal yang harus diperhatikan dalam memilih perabot untuk rumah minimalis. Gunakan perabot seperlunya agar sesuai dengan luas ruangan.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan desain perabot untuk lahan sempit. Pilih perabot dengan ukuran yang sesuai dengan ruangan.

Jika memungkinkan, kamu bisa memesan perabot khusus untuk rumahmu agar sesuai dengan kondisi ruang. Perihal warna, sebaiknya pilih warna yang senada dengan cat dinding.

Kamu juga bisa menentukan tema untuk rumahmu, misalnya gaya scandinavia yang lebih banyak menggunakan warna putih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih Warna

2. Pilihan warna

Masih seputar warna, kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan selera kamu. Sebaiknya gunakan warna yang senada yang tidak terlalu mencolok.

Warna-warna kalem seperti abu-abu atau putih akan membuat tampilan rumah terkesan sederhana tetapi elegan.

3. Wallpaper dinding

Penggunaan wallpaper dinding bisa membuat tampilan rumah lebih indah. Untuk tampilan yang sederhana, pilih wallpaper dengan motif yang sederhana dan tidak terlalu ramai.

Gunakan wallpaper dinding di sebagian sudut ruangan saja. Penggunaan wallpaper yang penuh di seluruh ruangan justru membuat ruangan terlihat lebih sempit.

4. Refleksi dengan peletakan cermin

Cermin yang terpasang pada suatu ruangan akan membuat pantulan yang membuat ruang tersebut terkesan lebih luas. Kamu bisa menggunakan cermin dengan ukuran sedang yang dilengkapi bingkai kecil di pinggirnya.

5. Pencahayaan

Pengaturan cahaya pada rumah dengan lahan sempit sangat penting. Pencahayaan yang baik mampu membuat tampilan rumah menjadi berbeda.

Dengan pengaturan cahaya yang benar, kamu bisa mendapatkan suasana yang membuat ruangan terlihat lebih luas.

 

3 dari 3 halaman

Sudut Ruangan

6. Memanfaatkan sudut ruangan

Keterbatasan ruang gerak pada rumah lahan sempit harus disiasati dengan sebaik mungkin. Setiap sudut ruangan harus memiliki fungsi yang jelas.

Misalnya, penataan dapur pada ukuran rumah yang sempit sebaiknya menggabungkan ruang makan dengan dapur dalam satu ruangan yang sama. Gunakan meja makan mungil agar tidak menganggu gerak kamu selama di dapur.

7. Sediakan ruang penyimpanan sederhana

Sediakan ruang penyimpanan sederhana untuk barang-barang yang tidak bisa diletakkan di sembarang tempat. Adanya ruang penyimpanan akan membuat tampilan rumah semakin tertata rapi dan bersih.

Agar tidak semakin sempit, kamu bisa memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan laci. Dengan begitu, kamu tidak membutuhkan perabot tambahan yang membuat ruangan semakin sempit.

8. Gunakan jendela berukuran besar

Jendela sangat penting untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai celah masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Tambahkan sebuah jendela dengan ukuran yang besar agar jumlah cahaya yang masuk cukup untuk menerangi ruangan pada siang hari.

9. Tambahkan aksesoris

Penggunaan aksesoris juga dapat membuat rumah tampak manis dan indah. Namun, jumlah aksesoris yang kamu gunakan sebaiknya tidak terlalu banyak agar tidak menambah kesan rumah terlalu ramai.

Penempatan aksesoris juga sebaiknya ditempatkan pada tempat khusus yang tidak menghalangi pandangan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini