Sukses

Demo Kenaikan BBM di Palu, Mahasiswa: Polisi Jangan Jadi Sambo

Tidak hanya menuntut harga BBM diturunkan, mahasiswa juga menyinggung berbagai kasus yang mandek di kepolisian.

Liputan6.com, Palu - Unjuk rasa menentang kenaikan harga BBM juga dilakukan ribuan mahasiswa di Kota Palu, Selasa (6/9/2022). Aksi sempat diwarnai ketegangan lantaran mahasiswa dilarang masuk ke DPRD Sulteng.

Aksi Aliansi Mahasiswa Kota Palu itu berlangsung sejak Selasa pagi di depan kantor DPRD Sulteng di Jalan Sam Ratulangi. Aksi ini merupakan lanjutan dari aksi serupa pada hari sebelumnya dengan massa aksi lebih besar.

Pengunjuk rasa sempat terlibat saling dorong dengan polisi yang berjaga saat mereka memaksa masuk ke gedung dewan, tetapi diadang polisi. Massa yang kesal bahkan sempat melempari polisi. Namun, aksi tersebut bisa diredam.

Tuntutan mahasiswa agar Ketua DPRD Sulteng menemui mereka juga tidak dipenuhi. Anggota DPRD lain yang ingin menemui demonstran ditolak. Pengunjuk rasa meminta polisi tidak bertindak kasar bahkan anarkis terhadap massa.

"Kami hanya mau menemui Ketua DPRD. Alasan reses tidak masuk akal. Polisi tolong jangan jadi Sambo," kata Koordinator Aliansi Mahasiswa Palu, Fauzan dalam orasinya.

Tidak hanya menuntut harga BBM diturunkan, mahasiswa juga menyinggung berbagai kasus yang mandek di kepolisian, mulai dari kekerasan terhadap Qidam yang tertembak oleh aparat di Poso hingga belum tuntasnya pengusutan kasus suap Rp4,4 miliar penerimaan anggota Polri di Sulteng.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demo kenaikan Bahan Bakar Minyak atau demo BBM dilakukan sejumlah elemen massa di kawasan Istana dan Gedung DPR, Senayan, Jakarta.
    Demo kenaikan Bahan Bakar Minyak atau demo BBM dilakukan sejumlah elemen massa di kawasan Istana dan Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

    Demo BBM Naik

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Harga BBM naik menyebabkan masyarakat melakukan aksi demo di Gedung DPR, MPR RI, Senayan.

    demo bbm

  • Palu adalah kota kecil yang berada di Pulau Sulawesi, Indonesia.
    Palu adalah kota kecil yang berada di Pulau Sulawesi, Indonesia.

    Palu