Peringatan Waspada hingga Siaga Hujan Lebat untuk Sulteng, Cek Daerahnya

Oleh Heri Susanto pada 07 Sep 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 00:00 WIB
banjir di Kabupaten Banggai
Perbesar
Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (4/9/2022). (Foto: BPBD Sulteng).

Liputan6.com, Palu - BMKG memberi peringatan waspada hingga siaga hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana untuk daerah-daerah di Sulawesi Tengah.

Peringatan dini adanya hujan lebat yang dikeluarkan terhitung 5 hingga 8 September, 2022 itu diprakirakan terjadi di 13 daerah atau semua kabupaten maupun kota di Sulawesi Tengah.

Tojo Una-una, Poso, Palu, Sigi, dan Morowali Utara berstatus siaga cuaca buruk selama 2 hari sejak 5 September. Peringatan siaga berlanjut ke tanggal 6 hingga 7 September untuk Kabupaten Banggai, Tojo Una-una, dan Poso.

Selain peringatkan siaga untuk daerah-daerah tersebut, status waspada juga berlaku untuk semua daerah di Sulteng.

"Yang harus diwaspadai adalah potensi dampak dari kondisi itu seperti longsor, erosi tanah skala menengah hingga banjir," Prakirawan BMKG Stasiun Mutiara Palu, Affan Nugraha Diharsya, mengatakan, Senin, (5/9/2022).

Peringatan itu diharapkan membuat pemerintah daerah terkait menyiapkan langkah pencegahan untuk meminimalisasi kerugian jika terjadi bencana akibat kondisi cuaca tersebut.

BPBD Sulteng mencatat sejak awal Agustus, 2022 bencana akibat curah hujan tinggi di Sulawesi Tengah terus terjadi. Bahkan, pada awal September saja sudah ada tiga bencana banjir yang menimbulkan kerugian baik rumah warga maupun lahan pertanian.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya