Sukses

'Tangan Hangat' IKN siap Sambut 35 Perahu Sandeq Diawaki Pelaut Ulung Suku Mandar

Setelah empat etape lomba di Sulawesi Barat, Festival Sandeq 2022 akan memasuki perjalan akhir untuk sampai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Liputan6.com, Balikpapan - Setelah empat etape lomba di Sulawesi Barat, Festival Sandeq 2022 akan memasuki perjalan akhir untuk sampai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Saat ini para awak perahu cadik tercepat di dunia itu sedang menyeberangi Selat Makassar untuk sampai di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Untuk menyambut Passandeq (awak perahu sandeq) panitia pelaksana sudah menyiapkan pentas kesenian dan hiburan bagi para pelaut ulung dari Suku Mandar itu. Sebanyak 35 perahu sandeq yang terdiri dari 28 sandeq lomba dan tujuh sandeq klasik akan tiba di Pantai Manggar Balikpapan pada 7 September 2022.

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik yang meninjau langsung lokasi penyambutan mengatakan, adakan ada dua kegiatan Passandeq saat tiba di Balikpapan. Mereka akan disambut ketika sampai di Balikpapan, kemudian akan disambut lagi oleh Presiden Joko Widodo pada puncak Hari Olahraga Nasional pada 9 September 2022 di Balikpapan Super Blok.

"Kami sudah mendiskusikan untuk langkah-langkah persiapan bersama Wali Kota Balikpapan. Seluruh tim telah mematangkan persiapan, termasuk persiapan untuk kedatangan Presiden," kata Akmal kepada wartawan, Senin (05/09/22).

"Kematangan dalam melakukan persiapan menjadi titik kunci keberhasilan kita ke depan," tambah Akmal.

Sedangkan, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengatakan, sebagai tuan rumah pihaknya sudah mempersiapkan dengan baik untuk menyambut Passandeq. Segala fasilitas sudah mereka siapkan untuk menyambut para pelaut ulang dari Tanah Mandar itu.

"Yang spesial ini, karena baru pertama kali terjadi Passandeq berlabuh disini, ini suatu penghormatan dan ini juga mengandung suatu nilai filosofi bahwa nenek moyang kita itu adalah seorang pelaut," kata Rahmad.

Rahmad menambahkan, warga Kalimantan Timur khususnya Kota Balikpapan akan menyambut Passandeq dengan tangan terbuka. Karena menurutnya, sebagai Bangsa Indonesia terkhusus Sulawesi Barat harus berbangga karena memiliki kekayaan maritim dalam diri Passandeq.

"Mudah-mudahan Festival Sandeq ini bukan hanya digelar pada tahun ini saja, tapi juga tahun-tahun berikutnya. Saya bersama Pj Gubernur Sulbar tiap tahun, kita akan mengadakan kejuaraan sandeq segi tiga di Balikpapan," tutup Rahmad.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.