Sukses

7 Tips Liburan Murah dan Menyenangkan ala 'Backpacker'

Anda ingin menikmati liburan menyenangkan tapi tak ingin mengeluarkan kocek dalam-dalam? Berikut tips liburan murah aman, nyaman, ala backpacker.

Liputan6.com, Jakarta - Akan melakukan perjalanan jauh atau liburan? Tentu kalian harus merencanakannya terlebih dahulu dan mempersiapkannya dengan sangat matang. Terlebih apabila kalian melakukan perjalanannya dengan orang-orang terkasih, kalian juga harus mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan, lokasi tinggal selama liburan, biaya makan, dan transportasi selama liburan.

Liputan6.com memberikan solusi untuk memberikan perjalanan liburanmu ramah kantong, tetapi tetap bisa menikmati liburan murah dan seru. Berikut adalah rancangan yang harus kamu buat sebelum memutuskan untuk berlibur:

1. Cari Penginapan Murah 

Jauh sebelum berangkat bisa mengintip tips ala backpacker ini. Pertama, kalian harus menentukan tempat tinggal selama berada berlibur. Carilah informasi penginapan yang murah dan nyaman. Mengapa murah? Lantaran, selama kalian berlibur tentunya akan menghabiskan waktu di luar penginapan atau hotel. Jadi, kalian hanya akan menggunakan hotel ketika tidur pada malam hari atau mandi. Sangat disarankan mencari penginapan atau hotel yang murah. Anda bisa mencari hotel murah di aplikasi-aplikasi yang banyak tersedia. Jangan lupa cek review dari pengunjung.

2. Siapkan Travel Kit

Sebelum memutuskan untuk berlibur di dalam negeri atau di luar negeri, kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen penting yang wajib dibawa, yakni KTP, ATM, uang tunai, paspor, visa dan jangan lupa meng-copy semua dokumen penting dengan cara di-scan dan mengirimkannya ke email. 

Kalian perlu membeli dompet kecil untuk menaruh kebutuhan di atas, sehingga tidak perlu bolak balik untuk mengambilnya dari dalam tas kalian. Tak hanya itu, siapakan air mineral, cemilan, buku catatatan, headphone, dan juga kamera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Lebih Matang

4. Mencoba Kuliner Lokal

Ketika kalian memutuskan berlibur ke suatu tempat, tentunya tempat tersebut memiliki banyak kuliner khas daerah. Nah, kalian bisa mencoba kuliner-kuliner khas daerah tersebut, dijamin karena harganya lebih murah, kalian juga bisa mendapatkan informasi terkait daerah itu ketika tengah menikmati kuliner khas. Jika ingin lebih hemat, kalian bisa membawa makanan kering atau snack untuk bisa dinikmati selama perjalanan berkeliling tempat wisata.

5. Download Aplikasi Traveling dan Peta

Download aplikasi traveling dan peta untuk mengetahu lokasi wisata yang kita datangi, dan bisa dijadikan sebagai pemandu wisata gratis. Biasanya aplikasi traveling akan dibutuhkan untuk memberikan rekomendasi informasi mengenai jadwal dan biaya seputar transportasi.

6. Hindari Membeli Oleh-Oleh

Salah satu cara menghemat adalah hindari membeli oleh-oleh ketika kita berlibur di tempat-tempat yang berada di kawasan wisata, bukan tidak boleh membeli buah tangan untuk keluarga dan handai taulan di tempat asal, tetapi, kita bisa membelinya di pasar tradisional atau tempat-tempat yang jauh dari pusat wisata tersebut. Karena, biasanya harga oleh-oleh atau cenderamata yang dijual tepat di sekitar lokasi wisata harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan di pasar-pasar tradisional atau toko pusat oleh-oleh yang memang menjual dengan harga ramah kantong.

7. Liburan Bersama Orang Terkasih

Mungkin bagi sebagian orang, liburan sendiri atau solo traveling itu sangat menyenangkan, tentunya kamu bisa melakukan hal yang kamu suka. Tahukah kalian jika kalian solo traveling itu malah membuat pengeluaran kalian jauh lebih banyak, karena harus mengeluarkan biayanya seorang diri. Beda hal ketika kita melakukan traveling dengan teman atau keluarga, jadi kebutuhan pembiayaan bisa dilakukan bersama-sama. Biaya yang kalian keluarkan pun akan jauh lebih sedikit ketika kalian berlibur beramai-ramai.

Nah, itu adalah tujuh tips liburan murah dan menyenangkan ala backpacker, menjelang liburan akhir tahun kalian perlu nih mengutip artikel di atas. Selamat berlibur ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini