Drone Mondar-Mandir di Atas Lapas Narkotika Samarinda, Ternyata Angkut Sabu

Oleh Apriyanto pada 04 Sep 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 04 Sep 2022, 00:00 WIB
Narkoba
Perbesar
Kepala Lapas Narkotika Samarinda, Hidayat saat menunjukkan barang bukti narkoba yang berhasil diamankan saat hendak diselundupkan ke dalam Lapas. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Samarinda - Aksi penyelundupan narkoba jenis sabu ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Samarinda berhasil digagalkan petugas jaga, pada Jumat (2/9/2022) dini hari.

Aksi penyelundupan sabu seberat 30 gram ini menggunakan modus baru yakni diterbangkan menggunakan drone. Terungkapnya penyelundupan sabu ini berawal dari petugas yang mendengarkan suar drone yang melintas sebanyak dua kali pada malam hari.

Pertama pada Kamis (1/9/2022) sekira pukul 20.20 Wita dan kedua pada Jumat (2/9/2022) dinihari sekitar pukul 03.20 Wita. Mendengar itu, petugas jaga kemudian melakukan penyisiran dan menemukan sabu tersebut berada di area Lapas.

“Awalnya petugas jaga mendengar ada suara drone pada malam hari melintas di atas lapas. Saat diperiksa petugas menemukan bungkusan makanan ringan di areal lapangan lapas, dan setelah di buka ternyata isinya 3 poket sabu seberat 30 gram,” terang Kepala Lapas Narkotika Samarinda, Hidayat, pada Jumat (2/9/2022).

Saat barang haram itu di temukan, semua narapidana (napi) masih berada di dalam kamar. Hidayat memperkirakan sabu tersebut akan diambil pada pagi harinya.

“Jadi kemungkinan sabu itu rencananya akan di ambil pada pagi hari, tapi keburu ditemukan anggota kami,” ujarnya.

Tak sampai di situ, saat adanya drone yang melintas petugas jaga sempat mengikuti asal drone yang diterbangkan oleh orang tak dikenal itu. Akan tetapi dalam pengejaran drone tersebut petugas tidak menemukan pelaku penerbangannya.

“Sempat dua anggota saya mengejar menggunakan motor, tapi karena drone ini cepat menghilang anggota tidak menemukan pelaku yang menerbangkan drone isi sabu ini,” paparnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Langsung Koordinasi ke Pihak Kepolisian

Narkoba
Perbesar
Penyelundupan narkoba ke dalam Lapas Narkotika Samarinda berhasil digagalkan. (Liputan6.com)

Usai kejadian, pagi hari petugas langsung melakukan pemeriksaan terhadap seluruh hunian napi, guna memastikan peredaran barang terlarang tidak berada di dalam Lapas.

“Ya karena ini penyeludupan sabu menggunakan drone baru pertama kali, jadi atensi penjagaan kita perketat dengan memeriksa kamar napi, dan petugas jaga kita kerahkan melakukan pengawasan hingga dini hari,” tegas Hidayat.

Usai menemukan kejadian tersebut dan mengamankan barang buktinya, pihak lapas langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyerahkan sabu tersebut, dan pihaknya berharap ke depan polisi dapat melakukan penyelidikan untuk mengungkap sabu yang di kirim melalui drone.

“Untuk barang bukti sudah kami serahkan ke pihak kepolisian, setelah ini kami juga akan berkoordinasi dengan pihak yang ahli di bidang drone untuk menemukan solusi, apakah ada alat penangkal drone, atau pendeteksi, supaya kejadian serupa tak terjadi lagi,” tandasnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya