Sukses

Tak Hanya Rendang, Ini 6 Kuliner Padang yang Tak Kalah Nikmat

Berikut kuliner Padang selain rendang yang bisa kamu coba

Liputan6.com, Padang - Rendang merupakan sajian khas Padang yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Bahkan, Rumah Makan Padang menjadi salah satu tempat tujuan pemadam kelaparan bagi sebagian besar orang.

Namun, kuliner khas Padang bukan hanya rendang. Beragam kuliner lain dari kota ini juga tak kalah lezat. Berikut kuliner Padang selain rendang yang bisa kamu coba:

1. Bubur Kampium

Bubur kampiun merupakan jajanan khas Minang yang memiliki rasa manis. Isinya sangat beragam, di antaranya bubur sumsum, pisang, kacang hijau, ketan putih, srikaya, dan candil.

Sajian ini memiliki kuah yang berwarna cokelat dengan cita rasa manis. Biasanya, jajanan ini menjadi sajian khas saat Ramadhan. 

2. Dendeng Batokok

Dendeng batokok merupakan sajian masakan Padang dari Kota Sawahlunto. Hidangan yang satu ini dihadirkan dengan irisan daging tipis kering berlumur minyak kelapa yang menghasilkan aroma harum.

Umumnya, hidangan ini disantap bersama dengan nasi aneka sayur dan sambal.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gulai Banak

3. Gulai Banak

Hidangan ini bisa dikategorikan sebagai kuliner ekstrem yang terbuat dari otak sapi. Terbuat dari otak sapi yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah serta santan, membuat hidangan ini memiliki cita rasa pedas.

4. Gulai Gajebo

Gulai gajebo juga biasa disebut gajeboh atau sampade. Gulai gajebo yakni makanan berbahan dasar daging sapi.

Bagian daging yang dipakai adalah punuk karena dinilai memiliki lemak tebal yang menempel di bagian daging. Perbandingan lemak dan daging pada gulai gajebo biasanya sekitar 3:1.

Semakin tipis bagian daging, maka rasanya akan semakin gurih. Potongan 'lemak berdaging' itu disajikan dengan kuah asam padeh tanpa santan.

 

3 dari 3 halaman

Palai Rinuak

5. Palai Rinuak

Palai rinuak merupakan hidangan khas Minangkabau yang wajib kamu cicipi jika mampir ke Danau Maninjau. 'Palai' berarti pepes, sedangkan 'rinuak' merupakan jenis ikan-ikan kecil yang hanya ditemui di Danau Maninjau.

Bentuk ikan tersebut serupa dengan ikan teri medan yang banyak dikenal. Sajian yang satu ini terbuat dari ikan rinuak yang diberi bumbu dan parutan kelapa, kemudian dibungkus dengan daun pisang untuk dikukus.

6. Teh Talua

Dalam bahasa Padang, 'talua' berarti telur. Sesuai namanya, minuman ini merupakan teh yang dicampur dengan kuning telur yang dikocok bersama dalam satu gelas.

Selain itu, bahan-bahan campuran lainnya juga tak lupa ditambahkan, seperti gula, susu kental manis, dan irisan jeruk nipis. Pertama-tama kuning telur dimasukkan ke dalam gelas bersama dengan gula putih, kemudian diaduk dengan ikatan batang lidi.

Setelah itu, susu, dan teh panas ditambahkan ke dalamnya. Minuman khas Padang ini diketahui berkhasiat menjaga stamina.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.