Sukses

Kemenkominfo Ajak Pelajar Sekolah Dasar di Maros Makin Cakap Digital

Tak hanya itu, para pelajar Sekolaj Dasar di Kabupaten Maros juga diajari cara agar aman dalam bermedia sosial.

 

Liputan6.com, Jakarta  Perkembangan teknologi yang terjadi zaman sekarang ini, menjadi salah satu terbentuknya era digital membawa perubahan.

Saat ini, perkembangan teknologi menjadi penyabab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Apalagi, ini sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu, dibutuhkan kemampuan literasi digital yang baik. Literasi digital adalah kemampuan untuk mengakses, memahami, membuat, mengkomunikasikan dan mengevaluasi informasi melalui teknologi digital yang bisa diterapkan dalam kehidupan ekonommi dan sosial.

Sebagai langkah mendukung terselenggaranya Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, beretika dan produktif.

Salah satu yang menjadi sasaran kegiatan, yaitu pelajar tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Maros, dengan mengangkat tema, "Aku Netizen Asyik, Aku Cakap Digital", dengan menghadirkan tiga Narasumber yang berkompeten yaitu Kepala Bidang Sekolah Dasar Kabupaten Maros, Zainuddin. S, kemudian Dosen Ilmu Komunikasi, Yudha Prawira Hasta, Sekretaris Dept. Ilmu Pemerintahan Fisip Unhas, A. Lukman Irwan.

Andi Lukman Irwan, yang membawakan materi Aman Digital. menyampaikan tentang pengaruh positif Medsos, diantaranya dapat mempermudah manusia dalam segala hal.

"Media Sosial, memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu, seperti mengerjakan tugas, menciptakan solidaritas sosial, memberi informasi yang mendidik dan berguna, serta mampu mendekatkan manusia terutama relasi & pemikiran," sebut Lukman

Namun, Lukman Irwan mengingatkan dengan segala kemudahan tersebut sebagai pengguna harus memperhatikan, apa yang didapatkannya, seperti ketika mendapatkan informasi jangan langsung membagikannya, perhatikan sumber yang valid, menjaga keamanan dari akun media sosial yang dimiliki, dengan memperbaharui secara berkala.

"Perhatikan sumber informasi, tetap mengedepankan etika, dan juga keamanan informasi akun media sosialnya," ucapnya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.