Platform Noice Dukung Kreator Konten Angkat Kearifan Lokal

Oleh Huyogo Simbolon pada 03 Sep 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 03 Sep 2022, 20:00 WIB
Podcas Noice
Perbesar
Vice President of Content Noice Thomas Raditya dalam acara Media Luncheon bersama Noice di Hotel Hilton Bandung, Kamis (1/9/2022). (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Platform konten audio lokal Noice optimistis kreator konten di Indonesia bisa meraih sukses di dunia digital. Terlebih, mereka yang mengangkat kearifan lokal dari daerah.

Vice President of Content Noice Thomas Raditya mengatakan, di platformnya ada beberapa podcaster atau mereka menyebutnya noicemaker yang menyiarkan konten dengan bahasa daerah serta kearifan lokalnya.

"Kita sangat tertarik dengan isu lokal. Saat ini, ada beberapa noicemaker yang menggunakan bahasa daerahnya, seperti Lambemu (Surabaya), Cerita Kampung Halaman (Yogyakarta), Balik Bandoeng (Bandung), Capila (Makassar)," kata Thomas dalam acara Media Luncheon bersama Noice di Hotel Hilton Bandung, Kamis (1/9/2022).

Menurut Thomas, kreator konten di daerah yang tersebar di Indonesia juga tidak akan kehabisan akal untuk mengangkat budaya lokal sebagai kontennya. Mengingat dalam satu budaya saja ada beragam topik yang sebenarnya bisa dibahas jika melakukan riset dengan matang.

Untuk itu, Thomas mengajak para kreator konten di Indonesia bisa mengangkat kearifan lokal dari masing-masing daerahnya sehingga industri hiburan digital dapat semakin maju.

"Kreator konten lokal pakai bahasa daerahnya itu bagus, justru tidak harus bahasa Inggris dan bahasa Indonesia," ujarnya.

Kota Bandung sendiri termasuk ke dalam 3 kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia. Saat ini, tercatat lebih dari 1 juta pendengar Noice berasal dari Bandung dengan rentang usia 18-34 tahun yang merupakan gen-Z & millenials.

Hal ini tentunya menjadi alasan tersendiri mengapa podcast dan konten audio menjadi salah satu media yang cukup populer untuk mendapatkan inspirasi, hiburan sekaligus informasi di kota tersebut.

Beberapa konten podcast dari kreator asal Bandung ataupun mengangkat topik seputar kota kembang yang bisa didengarkan di aplikasi Noice antara lain Berizik, Balik Bandoeng, BDG Podcast, BGST (Bandung Ghost Story), The Soleh Solihun Interview, Rompies Daddies, dan masih banyak lainnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Hadirkan Kelas Podcast di Bandung

Ilustrasi podcast
Perbesar
Ilustrasi podcast. (sumber: Pixabay)

Noice sendiri akan menghadirkan Kelas Podcast di Kota Bandung. Acara ini merupakan ruang edukasi gratis bagi para kreator konten pemula yang ingin belajar lebih mendalam untuk berkarya di industri konten audio, khususnya podcast.

Kelas Podcast di Bandung akan diadakan secara tatap muka pada Sabtu (3/9/2022) pukul 10.00-12.00 WIB bertempat di Bandung Creative Hub. Acara ini merupakan lanjutan dari gelaran kegiatan serupa yang dilaksanakan secara online pada akhir Agustus lalu di Jakarta.

"Sejalan dengan komitmen Noice untuk mengembangkan ekosistem konten audio lokal di Indonesia, kami akan terus aktif merangkul para kreator dari berbagai daerah termasuk Bandung untuk bisa menghadirkan karyanya di Noice,” ujar Thomas.

"Terkadang, banyak dari mereka yang bingung mau memulai dari mana, maka Kelas Podcast ini adalah jawaban untuk bisa membekali mereka, khususnya yang pemula dan memang sudah memiliki podcast, untuk bisa belajar lebih mendalam serta dimentori langsung oleh podcaster-podcaster ternama di Noice, yang podcastnya sendiri sudah memiliki basis pendengar yang besar," tutur Thomas.

Kelas Podcast yang digagas oleh Noice merupakan bagian dari Noicemaker Academy, rangkaian program terintegrasi untuk memberikan edukasi seputar podcast dan konten audio kepada para kreator konten lokal di berbagai daerah, untuk mendukung mereka berkembang dan meraih sukses sebagai kreator audio.

Rangkaian program ini dimulai dari Kelas Podcast, yang akan berlangsung di berbagai kota besar di tanah air dan akan ditutup dengan kompetisi podcast bagi para konten kreator di mana konten yang terbaik nantinya akan berkesempatan untuk menjalin kontrak eksklusif dengan Noice dan mendapat berbagai dukungan lainnya.

"Setelah memiliki bekal ini, ke depannya kami berharap para kreator ini akan lebih percaya diri untuk menampilkan karya mereka di Noice," kata Thomas.

 


Acara Gratis

Podcast
Perbesar
Ilustrasi Podcast Credit: pexels.com/Mic

Di Bandung, Kelas Podcast dari Noice akan dibuka untuk umum secara gratis dengan mengangkat tema seputar treatment atau cara memproduksi podcast dengan genre yang beragam dan akan diisi oleh Awwe & Randhika Jamil, podcaster Noice Original ‘Berizik’, Abe Adzka, Produser ‘Berizik’, Fajrin Sahaf, Noice Creator Program Lead dan Shaviera Amelia, Noice Producer Lead.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan membahas mengenai seluk beluk dunia podcast, cara memproduksi konten yang kreatif, hingga cara monetisasi konten. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program Noicemaker Academy bisa mengunjungi akun Instagram @noicemaker.id.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya