Mitos Baju Pernikahan Berwarna Hijau dan Kisah Misteri Nyi Roro Kidul

Oleh Huyogo Simbolon pada 02 Sep 2022, 04:00 WIB
Diperbarui 02 Sep 2022, 04:00 WIB
5 Tempat yang Dipercaya Jadi Tempat Pertemuan Nyi Roro Kidul
Perbesar
Ratu Pantai Selatan yakni Nyi Roro Kidul merupakan sosok dewi legendaris Indonesia yang begitu terkenal dengan berbagai mitos-mitosnya yang

Liputan6.com, Bandung - Pernikahan menjadi salah satu acara atau momen yang sakral karena pada acara ini terjadi sebuah pengikatan janji nikah antara pria dan wanita. Pernikahan juga menjadi salah satu upacara yang dirayakan serta dilaksanakan yang menjadi acara bahagia untuk kedua pasangan tersebut.

Namun dalam pernikahan tentunya ada adat-adat dan aturan-aturan yang biasanya harus diperhatikan, salah satunya adalah mengenai pamali menggunakan gaun pernikahan hijau di beberapa daerah tertentu.

Warna dari gaun pengantin tentunya menjadi perhatian penting dalam sebuah acara pernikahan seperti misalnya jika kamu melaksanakan pernikahan di dekat Pantai Selatan, warna hijau identik dengan pakaian yang disukai oleh Nyi Roro Kidul dan warna hijau tersebut merupakan warna pakaian pasukannya pada saat berubah menjadi manusia.

Adapun beberapa cerita mistis yang beredar di. masyarakat jika menggunakan gaun pengantin berwarna hijau, pengantin tersebut akan kerasukan roh dari Nyi Roro Kidul dan membuat pengantin tidak mengingat acara bahagia dari pernikahannya sendiri.

Kisah mistis Nyi Roro Kidul ini tentunya sangat terkenal di tanah Jawa sebab cerita mistis di laut selatan ini sering dikaitkan dengan sosok tersebut, wujudnya yang berparas cantik dengan gaun hijau adalah ciri khas dari dirinya, ia juga dianggap sebagai penguasa dari Pantai Selatan yang diceritakan mempunyai segudang kesaktian.

Mitos dari pantai selatan ini sendiri juga ada banyak sekali seperti pelarangan menggunakan pakaian berwarna hijau karena dianggap akan menjadi sasaran Nyi Roro Kidul untuk ditarik ke dalam istana gaibnya, dan hilangnya orang-orang di Pantai Selatan tersebut dikaitkan dengan Nyi Roro Kidul tersebut.

Tidak hanya itu di Pantai Selatan kerap kali melakukan berbagai ritual yang digambarkan sebagai bentuk rasa terimakasih warga disitu kepada Nyi Roro Kidul.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Asal Muasal Kisah Nyi Roro Kidul

8 Potret Rumah Lilis Karlina, Penuh Benda Klenik Hingga Lukisan Nyi Roro Kidul
Perbesar
Potret Rumah Lilis Karlina yang Penuh Benda Klenik Hingga Lukisan Nyi Roro Kidul. (Sumber: YouTube/Kang iman Sengklek)

Kisah dari Nyi Roro Kidul sendiri versinya ada banyak sekali dari yang beredar di masyarakat Indonesia, salah satunya adalah kisah Nyi Roro Kidul yang membantu Panembahan Senopati

Awal kisah yang beredar di masyarakat menceritakan bahwa terdapat Penembahan Senopati yang mendirikan Kerajaan Mataram Islam dan mencari bantuan ke penguasa laut Selatan serta penguasa gunung merapi, ia meminta bantuan tersebut ketika kerajaannya akan diserang oleh Kerajaan Pajang.

Suatu ketika permintaan tersebut direstui dan Gunung api meletus sampai mengeluarkan lahar sehingga menggagalkan rencana pasukan Kerajaan Pajang, tidak hanya itu bantuan juga datang dari dukungan Nyi Roro Kidul. Hingga akhirnya terjadilah peristiwa dari gunung meletus dan tsunami yang menyebabkan Kerajaan Pajang kalah.

Adapun Panembahan Senopati juga diceritakan selalu melakukan semedi yang membuat hawa panas dan gelombang besar sehingga membuat Nyi Roro Kidul menemui Senopati dan membantu dalam mendirikan kerajaan Mataram Islam.

Penulis: Natasa K

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya