Sukses

Upaya Menekan Sampah Plastik Lewat Gerakan Hijaukan Pasar Kita

Program bersama dengan aksi bertujuan mengubah perilaku konsumen Indonesia agar selalu menjaga lingkungan yang hijau dengan dimulai skala terkecil yaitu pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan pasti adalah sebuah gerakan peduli lingkungan yang dibangun dengan tujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup plastik akal sehat melalui prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Return to Earth) berkolaborasi bersama dengan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), menggelar Program Hijaukan Pasar Kita.

Program ini merupakan kegiatan sosialisasi dan aksi nyata yang diharapkan mampu membentuk teladan komunitas pasar dengan upaya mengurangi timbulan sampah plastik. Yakni melalui penggunaan plastik mudah terurai yang ramah lingkungan. Gerakan Pasti merupakan gerakan non profit yang bekerja sama dengan APPSI untuk melakukan perubahan mindset konsumen.

Ketua Umum Gerakan Pasti Naning Adiwoso mengatakan, bahwa program bersama dengan aksi bertujuan mengubah perilaku konsumen Indonesia agar selalu menjaga lingkungan yang hijau dengan dimulai skala terkecil yaitu pasar, karena pasar merupakan pusat aktivitas perekonomian rakyat.

"Kalau tidak pernah mau merubah mindset kita, berapa banyak plastik di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) yang membutuhkan waktu 1000 tahun untuk terurai. Banyak orang tidak tahu," ungkap Naning Adiwoso, Rabu (31/8/2022).

Yang sering dikatakan menurut dia, negara-negara barat selalu mengatakan bahwa plastik dapat dimusnahkan dengan mengunakan insinerator. Padahal kita harus lihat secara geo and warm bahwa Indonesia dua musim. (Sampah plastik) dibuang di landfill dan sangat lembab. Eropa kan tidak, mereka selalu empat musim dan mereka kering. Pakai insinerator.

"Maunya negara-negara barat menjual itu (insenerator) ke Indonesia. Sudah mahal, pakai solar. Kalau ini kan ngga tinggal di Landfill, tinggal dibuang dan bisa terurai. Jadi tolong dalam melihat sesuatu gunakan lah. Geo and warming. Apa yang kami kerjakan adalah membuat transformasi merubah mindset. Agar generasi kedepan tidak tercemari oleh plastik yang tidak terurai. Mari kita meng-Indonesiakan Indonesia, membuat masyarakat Indonesia generasi kedepan lebih sehat. Lebih aman terhadap Lingkungan. Itulah tujuan dari pada plastik akal sehat Indonesia. Pilih lah plastik yang bisa terurai," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.