Sukses

Banjir Kalsel Rendam Dua Kabupaten, Tutupi Ruas Jalan

Dua kabupaten di Kalimantan Selatan terendam banjir akibat hujan deras cukup lama.

Liputan6.com, Banjarmasin - Akibat hujan deras dengan durasi yang lama, sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan sejak Selasa (30/8/2022) subuh terendam banjir. Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut terdampak  mengalami luapan air atau banjir hingga ke badan jalan.

Di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dilaporkan bencana banjir terjadi di beberapa titik di Kecamatan Angsana. Banjir mulai berdampak hingga kepemukiman pada Pukul 05.00 WITA.

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Tri Hambodo melalui Kabag Humas, AKP I Made Rasa menyampaikan beberapa titik banjir. Termasuk posko penanganan oleh pihak kepolisian yang turut bertugas dalam penanggulangan.

“Beberapa titik jalan provinsi terdampak banjir dengan ketinggian air dari 20 sentimeter hingga 50 sentimeter yang menutupi ruas jalan hingga 400 meter," ujar AKP I Made Rasa.

Banjir di bantaran sungai Nibung Jalan Provinsi KM 193, Desa Karang Indah Kecamatan Angsana dengan ketinggian mencapai mata kaki atau sekitar 20 sentimeter yang sempat menggenangi jalan aspal sepanjang 300 meter.

Kemudian Jalan poros Desa Karang Indah - Desa Bunati terjadi banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 sentimeter sepanjang  400 meter.

Perumahan Milia Residance 1 RT 3 Desa Angsana turut terdampak. Ketinggian air mencapai 1 meter dan merendam pemukiman warga. Rumah Dinas Polsek Angsana pun terjadi banjir dengan ketinggian air sempat merendam beberapa rumdin Polsek Angsana.

“Dampak banjir di Perumahan Milia Recidance berjumlah 40 KK, 3 KK mengungsi, kerugian materil dan korban jiwa nihil, sedangkan di bantaran Sungai Nibung Desa Karang Indah 8 KK terdampak,” lanjutnya.

Banjir juga terjadi di kabupaten Tanah Laut, tetangga kabupaten Tanah Bumbu. Di kabupaten ini banjir terjadi di Desa Jorong, Kecamatan Jorong.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.