Sukses

Gelombang Tinggi Terjang Pantai Kebumen, 100 Kios Rusak 85 Lainnya Terdampak

Di Kebumen, sebanyak 100 kios rusak akibat gelombang tinggi dan 85 kios lainnya sempat terendam. Kerugian diperkirakan mencapai Rp500 juta

Liputan6.com, Kebumen - Gelombang tinggi yang terjadi di perairan Selatan Jawa berdampak nyaris ke seluruh pesisir Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Yogyakarta.

Di Kebumen, sebanyak 100 kios rusak akibat gelombang tinggi dan 85 kios lainnya sempat terendam.

Bako Humas Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kebumen, Heri Purwoto mengatakan, dari 100-an lebih kios itu, sebagian mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat.

Selain itu, ada pula pedagang yang mengaku kehilangan barang dagangan atau rusak akibat gelombang pasang. Air menerjang ke daratan hingga sejauh 50 meter lebih.

Kata dia, gelombang pasang berdampak ke seluruh pantai di Kebumen. Air naik ke daratan antara 50-100 meter dari garis pantai. Namun, dampak terparah memang di Pantai Suwuk. Di pantai ini, kerugian diperkirakan mencapai Rp500 juta.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Gelombang Tinggi di Pantai Lain

"Kalau yang lain-lainnya hanya sampai ke daratan, paling masuk kios, tapi tidak ada kerusakan. Paling bawa sampah, setelah dibersihan selesai. Pantai Suwuk itu, sekitar 100 kios terdampak. Ada yang ambruk, miring dan sebagainya,” katanya, Selasa (30/8/2022).

Wilayah yang terdampak lainnya yakni Pantai Setrojenar. Di pantai ini, sebanyak 85 kios tergenang namun tidak sampai menimbulkan kerusakan.

Sementara, pantai lainnya seperti Pantai Ayah, Ambal, Puring dan lain sebagainya relatif tidak ada kerusakan, meski sama-sama terdampak gelombang pasang.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.