Sukses

Aplikasi FlightRadar24, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Flightradar24 merupakan sebuah layanan pelacakan penerbangan global.

Liputan6.com, Jakarta - Flightradar24 merupakan sebuah layanan pelacakan penerbangan global yang memberikan informasi secara real-time mengenai ribuan pesawat di seluruh dunia. Aplikasi ini dapat melacak lebih dari 180.000 penerbangan dari 1.200 maskapai penerbangan baik yang terbang ke atau dari lebih dari 4.000 bandara yang ada di seluruh dunia.

Kamu bisa mengeceknya hanya melalui smartphone saja dan dengan gratis. Fitur yang dimiliki FlightRadar24 ini terbuat dari ADS-B (Automatic Dependent Surveillance-Broadcast).

Adapun fungsi dari data tersebut untuk memberikan data mengenai melacak perjalanan pesawat dari berbagai wilayah yang bisa diperiksa secara live bagaimana kondisi dari lalu lintas di udara.

Data yang ditangkap oleh FlightRadar24 diperoleh melalui radar otoritas penerbangan sebuah negara, Multilaterasi (MLAT), satelit, dan FLARM. Maka dari itu, data yang diperoleh oleh aplikasi ini juga bisa dikatakan cukup akurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Pakai FlightRadar24

Dalam menggunakan aplikasi ini kamu harus memastikan juga bahwa jaringan internet kamu lancar agar proses dari pelacakan tidak terhambat. Berikut adalah cara dalam menggunakan aplikasi FlightRadar24 yang dapat kamu ikuti.

  1. Pertama-tama kamu dapat mengunduh aplikasi FlightRadar24 di Smartphone kalian misalnya di PlayStore ataupun AppStore.
  2. Setelah terunduh buka aplikasi tersebut dan akan muncul gambar peta dunia serta kondisi lalu lintas udara secara realtime pada layar utamanya.
  3. Kemudian kamu dapat mengklik bagian kolom pencarian untuk melakukan pelacakan dari penerbangan pesawat tersebut.
  4. Setelah itu akan muncul rute dari penerbangan suatu pesawat dalam peta.
3 dari 3 halaman

Berlangganan

Adapun banyak informasi yang lebih lengkap mengenai pesawat dengan mengklik bagian opsi 'more info' yang ada pada bagian bawah rute penerbangan pesawat. Tidak hanya informasi seputar pesawatnya, dalam aplikasi ini juga ada fitur lain seperti data cuaca.

Namun, fitur tersebut tidak dapat diperoleh secara gratis. Kamu perlu berlangganan agar bisa memperoleh beberapa fitur lainnya yang diberikan oleh aplikasi FlightRadar24. Untuk berlangganan, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp469.000 per tahunnya.

Penulis: Natasa K

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.