Sukses

Membangun Generasi Emas di Era Digital dari Maros

Pemerintah terus berupaya agar generasi muda melek literasi digital

Liputan6.com, Maros - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar program literasi digital nasional pada sektor pendidikan wilayah Sulawesi bagi para peserta didik SMP kabupaten Maros dengan mengangkat tema "Membangun Generasi Emas di Era Digital". Kegiatan ini dilaksanakan, pada Jumat (26/8) secara Hybrid. 

Dalam kegiatan tersebut, hadir tiga narasumber yaitu, Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Maros, Jamaluddin, Lukman Irwan, yang merupakan Sekretaris Dept. Ilmu Pemerintahan Fisip Unhas, serta Rana Rayendra, selaku Co-Founder and CEO Bicara Project.

Kegiatan Literasi Digital merupakan inisiasi yang di dukung oleh Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan.

Tujuannya mendorong, masyarakat agar dapat secara bijak menggunakan internet guna membentuk generasi eLiterasi digital di Kabupaten Maros mas yang memiliki karakter, berkualitas dan memiliki memiliki daya saing tinggi. Kemudian memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA.

Serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.Co-Founder and CEO Bicara Project, Rana Rayendra menyampaikan bahwa, dunia digital saat ini adalah bagian dari sebagian aktifitas masyarakat. Untuk itu mari mengisinya dengan baik. 

"Mari mengisinya dan menjadikannya sebagai ruang yang berbudaya, kreatif, dan positif. Tempat kita belajar dan berinteraksi, tempat anak-anak kita bertumbuhkembang, sekaligus tempat di mana kita sebagai bangsa, hadir dengan bermartabat," jelasnya.

Rana Rayendra menyebutkan, generasi saat ini menjadi sasaran empuk perkembangan zaman yang bisa menjadi objek teknologi dan bahkan menjadi budak teknologi. Oleh sebabnya, orang tua dituntut untuk bisa mendidik anak-anaknya dengan sangat baik. "Orang tua diharapkan mampu mengawal anak-anaknya berkembang dengan minat dan bakat yang mereka miliki dengan tetap memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai kebangsaan berdasarkan 4 konsensus dasar bangsa," paparnya

Rana Rayendra menyatakan membangun generasi emas di era digital sangatlah penting, sehingga mereka lebih dapat memahami pemanfaatannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.