Sukses

Resep Masakan Pengganti Mie Instan yang Cocok untuk Anak Kos

Resep masakan anak kos murah meriah merupakan solusi yang bisa dimanfaatkan agar bisa tetap makan sehat dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Anak kos sering kali dianggap hanya makan seadanya. Terkadang, anak kos bahkan juga dikasihani karena sulit makan makanan bergizi. 

Kesan ini sebenarnya tidak selalu menjadi stigma yang melekat dalam diri anak kos. Ya, pesan antarmakanan memang praktis, tapi sebenarnya akan lebih sehat dan hemat jika masak sendiri, loh.

Resep masakan anak kos murah meriah merupakan solusi yang bisa dimanfaatkan agar bisa tetap makan sehat dan cepat. Persiapan memasaknya juga mudah, bisa sekali habis, dan tidak perlu kulkas untuk menyimpan bahan mentahnya. 

Nah, berikut ini beberapa resep masakan anak kos murah meriah yang bisa Anda coba buat.

Capcay Goreng

Membuat capcay bisa menjadi alternatif makanan yang sehat dan cepat masaknya. Siapkan wortel yang sudah diiris tipis, sawi putih, pakcoy, dan jenis sayuran lain yang disukai. 

Siapkan bumbu bawang putih dan bawang merah yang sudah dirajang, tumis hingga harum. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, gula, dan merica hingga matang.

Sup Ayam

Anda ingin makan sup hangat? Jika ingin kaldu asli, beli ayam atau daging sapi dan potong dadu. Siapkan bumbu bawang putih, tumis, dan masukkan daging yang sudah disiapkan hingga matang, tapi jangan sampai gosong. 

Di panci lain, siapkan air mendidih lalu masukkan tumisan daging, masukkan kentang, wortel, buncis berurutan agar matang.

Tumis Kangkung

Nah, tumis sayuran ini identik dengan masakan sunda ala rumahan. Cara membuatnya sangat praktis karena hanya butuh bumbu bawang putih, cabai merah, dan saus tiram. 

Tumis bawang putih dan cabai hingga harum, lalu masukkan kangkung yang sudah disiangi. Tambahkan saus tiram, garam, gula, dan merica, aduk rata hingga matang.

Tumis Buncis

Bumbu untuk membuat tumis buncis mirip dengan tumis kangkung, hanya saja tidak perlu pakai saus tiram. 

Siapkan buncis yang sudah dipotong kira-kira 2 cm, lalu tumis bawang bumbu bawang putih hingga harum, tambahkan telur dan aduk menjadi orak-arik. Tambahkan sedikit air matang, baru masukkan buncis dan tunggu hingga sedikit menyusut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sayur Bening

Anda juga bisa membuat sayur bening dengan cepat dan praktis. Sayur yang dipakai biasanya bayam, oyong, dan wortel. Siapkan sayuran yang sudah dipotong dan dipetiki, iris bawang merah dan rebus di dalam panci berisi air hingga harum. 

Masukkan sayuran dan beri bumbu garam, sedikit gula, dan merica. Sayur bayam sangat mudah matang, jadi cukup rebus sebentar saja agar nutrisinya tetap terjaga.

Kwetiau Siram

Ingin makan chinese food? Anda bisa membeli bahan sederhana untuk membuat kwetiau siram. Siapkan ayam filet atau udang, tumis dengan bumbu bawang putih yang agak banyak. 

Jika sudah hampir matang, masukkan telur untuk diorak arik, air, lalu kwetiau yang sudah direbus, sayuran, lalu aduk bersama bumbu penyedap. Tambahkan 1 sdt maizena yang sudah dilarutkan agar tekstur kuah sedikit kental.

Okonomiyaki

Ingin masak masakan Jepang? Ini pilihan yang paling mudah. Iris tipis wortel, sawi, dan daun bawang lalu aduk dengan tepung terigu dan air. 

Tambahkan telur yang sudah dicampur bumbu penyedap, garam, dan merica. Siapkan minyak panas, lalu goreng seperti membuat telur dadar. Tambahkan mayonaise agar lebih nikmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.