Sukses

Pentingnya Self Healing, Ini 5 Tips yang Bisa Kamu Coba Agar Lebih Memahami Dirimu Sendiri

Self healing perlu agar kamu bisa memahami dirimu sendiri.

Liputan6.com, Bandung - Self healing adalah sebuah proses yang dilakukan oleh diri kita untuk bisa lebih memahami diri kita sendiri, karena terkadang kita lupa untuk bisa melihat apa yang sebenarnya diri kita butuhkan.

Banyak hal yang terkadang tidak kita sadari bahwa kepala kita dipenuhi oleh pikiran negatif yang sebetulnya tidak perlu untuk kamu khawatirkan. Maka dari itu, self healing perlu agar kamu bisa memahami dirimu sendiri, menerima ketidaksempurnaan serta kekurangan yang ada pada diri serta membentuk pemikiran yang positif kepada diri sendiri.

Hal tersebut dilakukan agar diri kita dapat jauh memahami apa yang kita butuhkan, serta membentuk diri kita untuk menjadi lebih tegar dalam segala rintangan kehidupan serta menyembuhkan trauma yang mungkin pernah terjadi pada diri kita di masa lalu.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan dalam menyembuhkan diri kita sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Meditasi

Meditasi adalah salah satu bentuk self healing yang bisa kita lakukan. Caranya adalah dengan melakukan relaksasi melalui pernapasan, kontemplasi, serta meditasi dalam bentuk olahraga yoga dapat membuat kita menenangkan diri sembari menyembuhkan diri dari apa gang tengah kita pikirkan. Mengambil napas panjang dan berelaksasi akan membuat kamu tenang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Belajar berdamai dengan diri sendiri

Adapun hal lain yang bisa kamu lakukan untuk self healing adalah kamu harus bisa berdamai dengan diri sendiri. Kamu belajar untuk menerima beberapa hal buruk yang pernah terjadi pada dirimu, meskipun sulit untuk dilakukan karena peristiwa buruk sulit untuk dilupakan.

Namun, jika kamu sudah berdamai dengan diri sendiri meskipun kamu mengingat hal tersebut, kamu akan belajar ikhlas dan akan santai menghadapinya.

3. Melakukan "Me Time"

Dalam melakukan self healing, kamu juga harus mempunyai waktu untuk sendiri, di mana kamu memberikan waktu untuk membuat dirimu senang dan nyaman. Bentuk dari me time bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas kesukaanmu, misalnya kamu suka menonton film. Kamu bisa pergi ke bioskop sendiri.

Jika kamu suka makan, kamu bisa mencari kulineran di sekitarmu yang ingin kamu coba, dan masih banyak kegiatan lainnya yang dapat kamu lakukan.

3 dari 3 halaman

4. Buang semua pikiran negatif

Maksudnya adalah buang semua pikiran-pikiran negatif yang ada di kepalamu dan ganti hal tersebut dengan pemikiran yang jauh lebih positif. Terkadang kita tidak sadar bahwa hal negatif yang kita pikirkan sebelumnya tidak perlu dipikirkan.

Ketika kamu berbicara dengan diri sendiri mengenai berbagai hal negatif yang ada di kepalamu, lakukan refleksi diri apakah perlu berpikir negatif seperti itu. Dengan begitu, kamu membuang jauh-jauh pikiran tersebut dan membuatmu sadar hal tersebut tidak penting untuk dipikirkan.

5. Self love

Cara ini menjadi salah satu hal yang penting dalam self healing, sebab ketika kamu mencoba berusaha untuk mencintai diri sendiri kamu akan memahami seberapa berharganya dirimu. Kamu juga akan lebih sadar banyak hal yang harus kamu perhatikan dalam diri dan mulai mencoba untuk membenahi hal tersebut yang ada pada dirimu, terutama dalam memperdulikan dirimu sendiri atau self care.

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.