Sukses

Tips Mudah Bikin Donat Kentang Renyah dan Empuk

Siapa yang belum pernah mencoba donat kentang?, tentu semua orang pernah mencobanya. Namun, biasanya kita hanya membeli donat di gerai-gerai tertarik kah untuk mencoba membuat donat yang enak di rumah sendiri ketika anda libur bekerja?

Liputan6.com, Solo - Tertarik mencoba membuat jajanan lezat seperti donat kentang? jajanan yang biasa kita beli di gerai-gerai terkenal itu ternyata mudah membuatnya di rumah.

Jika penasaran ingin membuat donat kentang yang lezat, empuk dan renyah Liputan6.com akan membagikan tips mudah membuat donat kentang.

Nah, yang harus disiapkan adalah waktu luang dan beberapa bahan utama membuat donat kentang tersebut, untuk mendapatkan baha-bahannya kita bisa membelinya di toko bahan-bahan kue di supermarket atau pasar terdekat.

Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat jajanan donat kentang:

1. 500 gram Tepung terigu proten tinggi (untuk jenis makanan goreng dan berat bisa menggunakan protein tinggi)

2. 250 gram kentang kukus dan haluskan

3. 50 gram susu bubuk full cream

4. 11 gram atau 1 sendok teh ragi instan

5. 100 gram gula halus

6. 75 gram mentega

7. 4 butir kuning telur

8. 100 ml air dingin

9. 1/2 sendok teh garam

10. 1 bungkus gula donat untuk topping donat jika sudah matang

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mudah dan Simpel

Berikut adalah cara membuatnya:

Campurkan tepung terigu, gula halus, ragi instan dan susu bubuk, aduk rata, selanjutnya tambahkan kentang yang sudah dihaluskan, tambahkan kuning telur dan air dingin aduk lagi sampai semua adonan tercampur hingga menjadi kalis atau tidak lengket di tangan/mixer.

Rangkaian berikutnya adalah menambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga klais, lalu masukkan di sebuah wadah kering dan tutupi dengan kain bersih yang sudah dibasahi selama kurang lebih 30 menit.

Setelah 30 menit didiamkan, bentuk-bentuk adonan menyerupai cincin dengan ukuran sesuai selera, setelah semua adonan dibentuk bulat cincin kita bisa mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit, lalu digoreng hingga kecoklatan.

Ketika donat-donat yang sudah digoreng itu dingin, taburi seluruh badan donat menggunakan gula halus, dan donat kentang renyah dan empuk siap disajikan untuk keluarga.

Selamat mencoba....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.