Sukses

4 Bahan Alami untuk Bantu Hilangkan Bekas Luka yang Kerap Bikin Insecure

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit salah satunya berobat ke dokter

Liputan6.com, Jakarta - Bekas luka pada tubuh memang menimbulkan rasa insecure pada sebagian orang, walaupun bekas luka sebenarnya tak harus dipermasalahkan. 

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Namun, sebagian besar orang memilih obat yang mengandung bahan kimia.

Padahal, ada beberapa cara alami hilangkan bekas luka. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips menghilangkan bekas luka pada kulit.

Olesan Madu 

Ketika Anda ingin menyembuhkan bekas luka dengan aman dan relatif cepat, gunakanlah saja olesan madu. Madu bisa bertindak sebagai moizturizer bagi kulit, bisa juga digunakan untuk meratakan warna kulit yang belang akibat bekas luka.

Madu memiliki kemampuan regenerasi sel kulit yang cukup cepat, sehingga bekas luka apapun bisa disembuhkan. 

Ekstrak Lidah Buaya 

Berikutnya, Anda juga bisa menghilangkan bekas luka dengan menggunakan ekstrak lidah buaya. Aloe vera memang memiliki kemampuan yang sangat baik untuk bertindak sebagai zat anti inflamasi.

Sehingga bekas luka yang masih agak memerah atau cenderung menghitam bisa disembuhkan dengan bahan alami ini.

Olive Oil 

Minyak zaitun termasuk minyak esensial yang cukup penting bagi kesehatan. Minyak esensial yang satu ini juga bisa bertindak sebagai penyembuh bekas luka, karena memiliki kandungan vitamin E yang berlimpah. Bekas luka yang bersifat kasar maupun menyatu dengan kulit bisa dipulihkan dengan olive oil.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal akan kandungan AHA atau Alpha Hydroxy Acids-nya yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Jenis bahan alami yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka, terutama untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada tubuh. 

Bawang Merah

Bawang merah juga bisa difungsikan sebagai bahan penghilang bekas luka yang telah mengering. Bahan alami yang satu ini memiliki sifat anti inflamasi yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

Namun begitu, penggunaan bawang merah dalam kasus ini perlu dikonsultasikan dulu ke dokter. 

Itulah beberapa tips menghilangkan bekas luka yang alami dan dapat dilakukan sendiri. Jika perlu, pergilah ke dokter kulit dengan mobil Daihatsu agar proses penghilangan bekas luka berlangsung lebih cepat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.