Sukses

Tembus 80 Besar Hasil UTBK Nasional, Sekolah As-Syifa Subang Beber Rahasianya

Ketua Umum Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah, Abdullah mengatakan prestasi yang dicapai tidak datang serta merta, melainnya hasil proses panjang.

Liputan6.com, Subang - Sekolah Menengah Atas (SMA) IT As-syifa Boarding School Subang, JAwa Barat, tercatat sekolah sekolah terbaik dalam pemerolehan nilai UTBK tahun 2022. Data Top 1.000 Sekolah yang diterbitkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), As-syifa menduduki peringkat ke-79 peraih nilai UTBK tertinggi nasional dan peringkat ke-9 tertinggi provinsi Jawa Barat.

Ketua Umum Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah, Abdullah mengatakan prestasi yang dicapai tidak datang serta merta, melainnya hasil proses panjang. Kurikulum khusus penyiapan studi lanjut diintegrasikan dalam kegiatan-kegiatan akademik sekolah pada semua level pendidikan siswa.

“Program-program pengayaan yang berorientasi pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri bahkan juga telah kami berikan kepada siswa kelas-kelas awal,” ujarnya Senin (19/9/2022).

Membiasakan para siswa dengan pembelajaran dan latihan soal-soal HOTS ala UTBK memang bukan tanpa tantangan. As-syifa memilih memulainya dengan merancang dan membina budaya pembelajar yang kental hingga terbentuk sebuah pembiasaan belajar yang kondusif.

Seluruh siswa aktif mengikuti program belajar malam secara rutin. Terdapat juga bimbingan belajar prestasi dan kelompok-kelompok belajar dengan tutor sebaya.  

Selain pembinaan kultur belajar, manajemen waktu adalah salah satu pembiasaan positif di As-syifa. Para siswa As-syifa memang dikenal memiliki agenda kegiatan harian yang padat.

“Selain mengikuti pembelajaran formal dan kegiatan organisasi, setiap siswa tetap berkomitmen dengan kelas-kelas Qur’an nya. Menjadi pelajar sekaligus penghafal Qur’an menjadi salah satu karakteristik unggul setiap siswa As-syifa,” ucapnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bimbingan Karir

Perjalanan As-syifa memberi sumbangsih penyiapan manusia unggul secara intelektual sembari menjunjung akhlak Qur’ani memang tidak mudah. Dalam menghadapi karakteristik siswa yang beragam serta keunikan permasalahannya, As-syifa menyiapkan serangkaian program pendampingan non-akademik (keasramaan dan pembinaan pribadi Islam) yang lebih berkesan humanis dengan mengedepankan pengenalan terhadap diri dan life-skill.

Proses pembinaan dan pendampingan siswa dengan sistem pendukung yang memadai memungkinkan para siswa untuk bisa kembali menemukan ritme dan fokus belajarnya.

Selain itu, untuk menunjang para siswa dalam pemilihan karir seperti pemilihan jurusan perguruan tinggi khususnya pada siswa kelas akhir, As-syifa menyiapkan para tenaga pendidiknya untuk bisa memberikan lebih dari sekedar penyuluhan karir dengan melihat potensi setiap siswa.

Bimbingan karir di As-syifa mensinergikan antara data dan cara pandang guru-guru penyuluh (konseling), para wali kelas, hingga guru Qur’an dan guru asrama demi meningkatkan literasi karir para siswa. Khusus dalam pemilihan karir ini, As-syifa pun menyadari pentingnya peran orang tua. Komunikasi pihak sekolah dengan orang tua terjalin dengan baik terutama dalam fase ini.     

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.