Honor Volunteer ASEAN Para Games Belum Cair, Gibran: Akhir Bulan Langsung Ditransfer

Oleh Fajar Abrori pada 26 Agu 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 26 Agu 2022, 09:00 WIB
Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022
Perbesar
Pertunjukan kembang api saat Upacara Penuntupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022). Tuan rumah Indonesia menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 tersebut. (FOTO: Dok. ASEAN Para Sports Federation)

Liputan6.com, Solo - Gelaran even olahraga bagi atlet disabilitas ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Solo telah usai pada Sabtu, 6 Agutus 2022 silam. Tetapi ajang tersebut masih menyisakan permasalahan seperti belum cairnya pembayaran honor kepada volunteer atau tenaga relawan yang terlibat dalam pesta olahraga tingkat Asia Tenggara itu.

Persoalah belum cairnya honor para volunteer yang telah membantu pagelaran ASEAN Para Games 2022 itu mencuat melalui laporan aduan yang dikirimkan melalui unit layanan aduan Surakarta (Ulas). Salah seorang volunteer mengirimkan aduan belum dibayarnya honor tersebut yang ditujukan kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang sekaligus Ketua INASPOC.

Gara-gara munculnya aduan dari seorang volunteer tersebut menyebabkan putra sulung Presiden Jokowi itu langsung buka suara. Gibran pun membenarkan terkait persoalan belum cairnya honor yang diperuntukkan bagi volunteer yang terlibat dalam ASEAN Para Games kemarin. Meski begitu, rencananya honor tersebut akan langsung dicairkan pada akhir bulan Agustus ini.

“Oh ya, akhir bulan kan kemarin sudah tak sampein juga ke teman-teman INASPOC. Akhir bulan akan langsung ditransfer ke rekeningnya masing-masing,” kata ayah dua anak ini saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (25/8/2022).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Anggaran Belum Cair

Gibran pun mengungkapkan belum dibayarkannya honor para volunteer maupun pihak yang terlibat dalam ASEAN Para Games yang digelar pada (30/7/2022 – 6/8/2022) lalu karena terdapat kendala. Adapun kendala yang dihadapinya itu belum cairnya anggaran dari Kementeria Pemuda dan Olahraga yanf diperuntukkan untuk membayar honor para volunteer.

“Kendalanya nunggu dari kementerian karena memang belum cair. Nanti tunggu aja akhir bulan ini nanti ditransfer di rekeningnya masing-masing. Tenang aja ya makanya kemarin saya ketemu pak deputi (Kemenpora) untuk menyelesaikan masalah itu,” bebernya.

Ada masalanya tersebut, ia mengaku menerima laporan dari sejumlah volunteer yang menyampaikan langsung kepadanya karena sebagai Ketua INASPOC. Gibran memastikan semua permasalahan itu akan segera selesai. Oleh sebab itu, suami Selvi Ananda itu meminta kepada volunteer untuk bersabar.

“Selesai, selesai. Tenang aja, tenang aja,” kata Gibran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya