Sukses

Nelayan Deli Serdang Dibekali Ilmu Memahami Cuaca dan Menentukan Zona Banyak Ikan

Puluhan nelayan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), dibekali ilmu memahami cuaca hingga menentukan zona yang banyak ikan saat melaut. Pembekalan dan pemahaman ini dikemas dalam Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN).

Liputan6.com, Deli Serdang Puluhan nelayan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), dibekali ilmu memahami cuaca hingga menentukan zona yang banyak ikan saat melaut. Pembekalan dan pemahaman ini dikemas dalam Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN).

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono mengatakan, tujuan diadakannya SLCN Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk meningkatkan pemahaman cuaca serta keselamatan dan kesejahteraan nelayan Deli Serdang.

"Kegiatan ini mendorong edukasi nelayan supaya paham cuaca, dan dapat mengatur jadwal melaut mereka supaya terhindar dari gelombang tinggi, juga menentukan zona mana yang banyak ikan," kata Sugiyono dalam kegiatan SLCN 2022 mengusung tema "Dengan SLCN Nelayan Hebat, Selamat dan Sejahtera" di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Deli Serdang, Selasa, 23 Agustus 2022.

Hadir pada acara tersebut Anggota Komisi V DPR RI, Irmadi Lubis, sebagai mitra kerja BMKG, Deputi bidang Meteorologi, Guswanto, Asisten II Bidang Ekonomi yang sekaligus sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Deli Serdang, para stakeholder, Kepala Balai MKG Wilayah I Medan, Darmawan, dan para KUPT BMKG Wilayah Medan.

Diterangkan Sugiyono, SLCN memperkuat peran kelompok nelayan, penyuluh, dan instansi terkait dalam menyebarkan informasi cuaca dan iklim BMKG kepada nelayan. Para peserta yang dilatih nantinya berperan sebagai Agen BMKG.

"Mereka yang meneruskan dan menyebarluaskan informasi peringatan dini dan informasi cuaca dan iklim BMKG kepada yang belum mengikuti pelatihan dan belum mengetahui informasi BMKG," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saling Sharing

Diungkapkan Sugiyono, SLCN juga menjadi ajang pertukaran pengalaman antar nelayan dan narasumber dalam pengembangan sektor perikanan. Tidak semua lokasi mendapat kesempatan memperoleh kegiatan SLCN.

"Seluruh peserta sebelumnya diminta bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini. Kepada para peserta diimbau senantiasa menjaga kesehatan dengan disiplin menerapkan protokol selama kegiatan berlangsung," ucapnya.

Anggota Komisi V DPR RI, Irmadi Lubis, menyambut baik SLCN. Menurutnya, kegiatan ini langkah nyata bagi nelayan agar semakin paham tentang cuaca. Disebutkannya, Komisi V sangat mendukung pelaksanaan SLCN.

"Kita inginnya yang ikuti pelatihan penyambung informasi BMKG. Setelah latihan bisa menyebarkan ke nelayan lain yang tidak bisa ikut, sehingga juga mengerti tentang informasi cuaca maritim dari BMKG," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Nawacita Ketahanan Pangan

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menekankan pentingnya informasi cuaca dan iklim dalam mendukung Nawacita ketahanan pangan pemerintah. BMKG mendukung meningkatkan pamahaman cuaca dan iklim kepada nelayan.

"Juga pengoptimalisasi informasi cuaca dan iklim terhadap penyuluh nelayan dan dinas terkait. Agar informasi yang diberikan dapat dipahami dengan baik," ujarnya.

Assisten II Bidang Ekonomi sekaligus Plt Kepala Dinas Perikanan Deli Serdang, Putra Jaya Manalu, menyampaikan rasa terima kasih kepada BMKG atas terlaksananya kegiatan ini. Sebab, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi nelayan di Kabupaten Deli Serdang.

"Nelayan di sini sudah punya kearifan lokal, membaca cuaca secara tradisional. Pelatihan ini tepat diadakan di masa nelayan sudah bersiap untuk melaut sampai wilayah yang jauh, dan mendapat bekal ilmu cuaca dari BMKG," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Dukung Penuh SLCN

Putra Jaya berharap agar SLCN dapat dilaksanakan rutin setiap tahun di Deli Serdang, karena nelayan di kabupaten ini cukup banyak dan tersebar di berbagai kecamatan.

"Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, khususnya Dinas Perikanan sangat berterima kasih atas adanya kegiatan ini. Kami siap mendukung kelanjutan ke depan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.