Muncul Wacana Siswa Kelas XII SMA di Sumbar Diasramakan Biar Fokus

Oleh Liputan6.com pada 24 Agu 2022, 09:18 WIB
Diperbarui 24 Agu 2022, 09:19 WIB
Siswa SMA 1 Padang
Perbesar
Sejumlah siswa dengan serius menyelesaikan soal UN hari pertama di SMA 1 Padang, Sumbar.

Liputan6.com, Padang - Pemprov Sumbar melontarkan wacana yang mewajibkan seluruh siswa kelas XII SMA masuk asrama. Hal itu dilakukan agar siswa fokus mematangkan persiapan memasuki perguran tinggi, selain juga untuk mengasah bakat di bidang lain, seperti olahraga, seni, dan budaya. 

"Siswa SMA rata-rata orientasinya adalah perguruan tinggi. Kita persiapkan sebaik-baiknya di asrama agar mereka bisa lolos di universitas favorit," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/8/2022).

Mahyeldi mengatakan, iklim lingkungan asrama yang dikondisikan agar siswa bisa lebih fokus belajar setelah jam pelajaran usai dinilai akan lebih mematangkan persiapan dalam segi akademis.

"Gangguan atau pengaruh buruk yang mungkin ada di lingkungan rumah akan diminimalkan di asrama sehingga siswa hanya fokus belajar," ujarnya.

Sementara itu khusus Jumat, Sabtu, dan Minggu akan diberikan kesempatan untuk mengasah bakat siswa dalam bidang olahraga, seni, dan budaya.

"Prestasi tidak hanya di bidang akademis, tetapi juga bidang olahraga, seni, dan budaya. Kita salurkan bakatnya sehingga terbuka pula kesempatan untuk prestasi pribadi," katanya.

Bahkan, kata dia, siswa yang berminat tes masuk polisi atau TNI akan difasilitasi untuk memperkuat fisik dan mental. Tidak tertutup kemungkinan bekerja sama dengan kepolisian atau TNI untuk menyediakan instruktur bagi siswa.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Hambatan

Meski demikian, Mahyeldi mengatakan ketersediaan sarana dan prasarana yang membutuhkan anggaran cukup besar masih menjadi hambatannya. Pemprov Sumbar sedang mencarikan formulasi yang tepat agar wacana itu segera bisa terealisasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius mengatakan, pihaknya terus melakukan kajian agar wacana itu bisa terealisasi secepatnya.

"Tujuannya jelas untuk meningkatkan kemampuan siswa yang pada akhirnya akan meningkatkan SDM generasi muda Sumbar secara umum," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya