Sukses

Air Guraka, Minuman Tradisional Maluku yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Di Maluku, terdapat minuman tradisional yang mengandung banyak khasiat serta kaya akan rempah-rempah, yakni air guraka.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki keragaman budaya, mulai dari adat istiadat, tarian daerah, baju adat, hingga makanan dan minuman khasnya. Biasanya keberagaman budaya ini diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya, sehingga warisan tersebut memiliki nilai luhur dan manfaat yang terjamin dari masa ke masa.

Di Maluku, terdapat minuman tradisional yang mengandung banyak khasiat serta kaya akan rempah-rempah, yakni air guraka. Minuman tradisional yang sering ditemukan di Ternate dan Pulau Halmahera ini cocok dinikmati saat musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh dari dinginnya musim hujan.

Air guraka ini terbuat dari bahan dasar jahe, namun agak berbeda dengan minuman khas Pulau Jawa, seperti bandrek dan wedang ronde. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari warna pada air guraka yang lebih hitam pekat serta adanya campuran beberapa rempah, seperti kenari, daun pandan, dan gula aren khas daerah Maluku itu sendiri.

Racikan minuman ini memiliki banyak sekali khasiat, seperti menambah imunitas, meredakan sakit tenggorokan, menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, hingga dapat melawan virus penyakit.

Asal usul adanya air guraka khas Maluku ini tidak terlepas dari tradisi budaya masyarakat yang berlaku pada zaman itu. Konon, air guraka merupakan suguhan para bangsawasan di Maluku sebagai salah satu minuman terfavorit. Bahkan tamu-tamu dari berbagai kalangan hingga dari negara asing pun ikut menikmati minuman tradisional tersebut.

Dari sanalah air guraka ini memberikan kesan tersendiri hingga menjadi warisan budaya. Bahkan sampai saat ini air guraka masih menjadi minuman favorit di Maluku karena di sepanjang jalan perkotaan khususnya Ternate dapat dipastikan banyak yang berjualan air guraka. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nikmat dengan Pisang Goreng

Air guraka sendiri dikenal masyarakat Maluku sebagai warisan kuliner leluhur. Biasanya air guraka cocok dinikmati bersama dengan pisang goreng sebagai salah satu cemilan favorit daerah Maluku.

Pada zaman dahulu, air guraka dinikmati oleh bangsawasan di Maluku sebagai salah satu minuman terfavorit. Namun kini air guraka dapat dinikmati oleh berbagai kalangan karena di sepanjang jalan perkotaan khususnya Ternate dapat dipastikan banyak yang berjualan air guraka.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat

Jika yang berada di luar daerah Maluku tetapi ingin mencoba air guraka, kalian bisa membuat sendiri di rumah. Caranya siapkan alat berupa panci dan bahan-bahan seperti, air, jahe, daun pandan, gula aren, dan kacang kenari.

Pertama-tama, bersihkan jahe kemudian geprek hingga pipih. Kemudian, iris tipis gula aren supaya dapat larut dengan cepat.Selanjutnya, masukkan air, gula aren yang sudah diiris, jahe yang sudah digeprek, dan daun pandan ke dalam panci. Lalu, aduk dengan perlahan supaya bahan-bahannya dapat tercampur rata dan tunggu hingga 20 menit.

Setelah itu, jika air guraka sudah harum dan matang, saring air tersebut dan masukkan ke dalam gelas, dan tambahkan kacang kenari yang sudah dipotong kecil-kecil sebagai topping pada minuman tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.