Sukses

Tips Hemat Masak Telur di Tengah Harganya yang Meroket

Naiknya harga telur tersebut memicu banyaknya keluhan dari pedagang telur dan pembeli.

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual bahan pokok komoditas telur ayam tengah mengalami kenaikan di sejumlah daerah. Kenaikan harga telur mencapai Rp31 ribu per kilogram.

Naiknya harga telur tersebut memicu banyaknya keluhan dari pedagang telur dan pembeli dari kalangan masyarakat. Bahkan, imbas dari kenaikan harga telur, sejumlah pedagang makanan menaikkan harga atau mengurangi porsi.

Begitu juga dengan pembeli dari kalangan rumah tangga yang terpaksa mengurangi jumlah belanja telur. Kalangan rumah tangga pun terpaksa harus memutar otak untuk menyiasati stok telur dan masakan yang dimasak untuk keluarga. 

Lantas bagaimana cara menghemat satu butir telur hingga dapat sebagai lauk yang bisa digunakan beberapa kali makan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips membuat masakan olahan telur yang efektif dan efisien:

Telur Dadar

Cara yang satu ini dapat digunakan untuk menghemat penggunaan telur di tengah kenaikan harga telur yang meroket.

Agar dapat menghasilkan telur dadar yang banyak dan lezat sebagai lauk makan, kalian dapat mengocok telur hingga mencair. 

Supaya lebih lezat dan mengembang, baiknya kocokan telur ditambah menggunakan daun bawang dan bawang merah agar tekstur telur dadar lebih padat.

Teknik menggoreng menjadi kunci untuk dapat menghasilkan telur dadar. Cara paling tepat untuk menghemat yakni setelah telur dituangkan ke dalam minyak panas yang ada di atas wajan.

Kemudian, biarkan sampai mengembang terlebih dahulu. Lalu wajan diputarkan untuk dapat mengahasilkan telur yang lebar.

Setelah matang maka telur dapat diangkat lalu ditiriskan dan setelah itu telur dipotong menjadi beberapa bagian menggunakan pisau.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telur Beku

Teknik telur beku ini sangat cocok bagi kalian yang ingin lebih menghemat pengeluaran namun tetap bisa mendapatkan protein dari setiap konsumsi.

Cara ini sebelumnya telur dimasukan ke dalam freezer selama 14 jam. Setelah tekstur isi telur membeku maka selanjutnya kupas kulit telur terlebih dahulu. 

Kemudian telur beku tersebut dibagi beberapa bagian menggunakan pisau. Lalu telur yang sudah di potong bisa langsung di goreng seperti biasa menggoreng telur ceplok dari setiap bagian yang sudah dipotong sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.