Sukses

Padang Diguncang Gempa, Ini Imbauan BMKG kepada Masyarakat

Gempa laut itu membuat warga berhamburan ke luar rumah.

Liputan6.com, Padang - Gempa bumi magnitudo 4,4 mengguncang Kota Padang, Sumatera Barat pada Senin (22/8/2022) pukul 16.26 WIB. Getaran akibat gempa cukup kuat dirasakan oleh masyarakat.

Dari analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) episenter gempa bumi terletak pada 21 kilo meter barat daya Padang di kedalaman 44 kilo meter.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Suaidi Ahadi mengatakan aktivitas gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar.

"Gempa dangkal dari sesar Mentawai Megathrust," katanya, Senin (22/8/2022).

Ia menyebut guncangan gempa bumi ini dirasakan di Padang dan Pesisir Selatan III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.

Kemudian hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Selain itu juga, belum terdapat gempa bumi susulan.

Pihaknya mengimbau masyarakat Padang agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa dan pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.